OPTIMALISASI PENGGUNAAN KOMBINASI FERMENTASI IKAN RUCAH DAN DEDAK PADI PADA PAKAN SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

EVI WIDIASTUTI, 060810327p (2013) OPTIMALISASI PENGGUNAAN KOMBINASI FERMENTASI IKAN RUCAH DAN DEDAK PADI PADA PAKAN SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN EFISIENSI PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-pramitasar-28018-17.lamp-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT WIDIASTUTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) mempunyai prospek yang bagus dikarenakan produksi ikan nila di Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun. Budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) ini sangat cocok untuk dikembangkan di Indonesia, karena dapat dilakukan ditambak dan karamba jaring apung (KJA) di perairan umum. ikan nila (Oreochromis niloticus) ini mudah berkembang biak, pertumbuhan cepat, ukuran badan relatif besar, tahan terhadap penyakit, mudah beradaptasi dengan lingkungan, harga relatif murah dan mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi sebagai sumber protein hewani. Ikan nila (Oreochromis niloticus) tergolong ikan pemakan segala (omnivora), sehingga bisa mengkonsumsi pakan berupa hewan dan tumbuhan. Salah satu kendala yang dihadapi dalam proses pembudidayaan ikan nila (Oreochromis niloticus) yaitu tingginya harga bahan baku pembuatan pakan sehingga perlu dicari bahan baku pakan alternatif yang murah, berkualitas dan tersedia sepanjang waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kombinasi fermentasi ikan rucah dan dedak padi pada pakan sebagai substitusi tepung ikan terhadap pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Makanan Ternak Fakultas Kedokteran Hewan dan Laboratorium Fakultas Perikanan dan Kelauran Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan selama 40 hari mulai tanggal 12 Januari - 21 Februari 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah : 40% tepung ikan, 0% hasil fermentasi (kontrol) (P0), 34% tepung ikan, 6% hasil fermentasi (P1), 28% tepung ikan, 12% hasil fermentasi (P2), 22% tepung ikan, 18% hasil fermentasi (P3), 16% tepung ikan,24% hasil fermentasi (P4). Parameter utama yang diamati adalah pertumbuhan dan efisiensi pakan. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air. Analisis data menggunakan Analisis Varian (Anova) dan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kombinasi fermentasi ikan rucah dan dedak padi pada pakan memberikan pengaruh yang berbeda (p<0,05) terhadap laju pertumbuhan, tetapi tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata (p>0,05) terhadap efisiensi pakan. Pertumbuhan terbaik pada perlakuan P3 (2,63%), kemudian berturut-turut diikuti oleh perlakuan P4(2,18%), P1(2,15%), P2(1,98%) dan P0(1,66%). Efisiensi pakan terendah diperoleh pada perlakuan P0(54,68) dan efisiensi pakan tertinggi diperoleh pada perlakuan P3(57,82). Kualitas air media pemeliharaan ikan nila adalah suhu 26º - 28ºC, pH 7 – 8, oksigen terlarut 5 – 8 mg/l dan amoniak 0-1,5 mg/l.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP.45/13 Wid o
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
EVI WIDIASTUTI, 060810327pUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuhammad Arief, Ir. H. , M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2013 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 02:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item