IDENTIFIKASI dan PREVALENSI Argulus YANG MENYERANG IKAN MASKOKI (Carrassius auratus), IKAN KOMET (Carrasius auratus auratus) dan IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI DESA BANGOAN KABUPATEN TULUNGAGUNG DAN DESA KEMLOKO KABUPATEN BLITAR JAWA TIMUR

ARISTO INDRAFANI, 060510248 P (2013) IDENTIFIKASI dan PREVALENSI Argulus YANG MENYERANG IKAN MASKOKI (Carrassius auratus), IKAN KOMET (Carrasius auratus auratus) dan IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI DESA BANGOAN KABUPATEN TULUNGAGUNG DAN DESA KEMLOKO KABUPATEN BLITAR JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-indrafania-28156-3.ringk-n.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULTEXT INDRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Argulus. merupakan salah satu dari ektoparasit obligat kelas Branchiura yang sering menyerang ikan budidaya air tawar. Argulus sp. Menyerang pada bagian sirip, kulit, insang dan seluruh bagian luar tubuh inang. Infestasi Argulus. dapat menyebabkan dampak negatif terhadap larva dan juvenil ikan. Selain menginfestasi ikan, Argulus juga dapat berperan sebagai vektor virus atau bakteri yang sering menyebabkan penyakit pada ikan. Infestasi yang sangat luas dari parasit Argulus. menyebabkan perlunya pendalaman mengenai parasit tersebut. Mulai dari morfologi, sifat biologi, daur hidup, habitat, patogenitas dan pengobatan. Dalam hal ini perlu dilakukan identifikasi dari jenis Argulus yang menyerang ikan hias khusus nya ikan Koi, Maskoki dan Komet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui spesies Argulus yang banyak menginfestasi ikan hias di jawa timur khususnya di desa Bangoan kabupaten Tulungagung dan desa Kemloko kabupaten Blitar sebagai pemasok ikan hias di Jawa Timur. Parameter utama yang diamati adalah identifikasi spesies Argulus yang menyerang ikan koi, maskoki dan komet. Identifikasi dilakukan untuk mengetahui spesies Argulus yang menginfestasi ikan hias khususnya ikan koi, maskoki dan komet. Parameter penunjang meliputi kualitas air antara lain suhu, pH, oksigen terlarut, dan amonia diukur selama penelitian Hasil penelitian menunjukan bahwa selama berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan sampel ikan koi, maskoki dan komet pada desa Bangoan Kabupaten Tulungagung dan desa Kemloko Kabupaten Blitar, didapat spesies Argulus japonicus. Hasil prevalensi dari jumlah sampel yang diambil di desa Bangoan yaitu untuk ikan koi sebanyak 10,7%, untuk ikan maskoki sebanyak 3,6%, dan untuk ikan komet sebanyak 21%. Sedangkan pada desa Kemloko angka prevalensi dari jumlah sampek untuk ikan koi sebanyak 11%, untuk ikan maskoki sebanyak 10,8%, dan ikan komet sebanyak 9,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 06/13 Ind i
Uncontrolled Keywords: FISHES
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ARISTO INDRAFANI, 060510248 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBoedi Setya Rahardja,, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 08:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26190
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item