PENGARUH KONSENTRASI PUPUK Lemna minor TERHADAP POPULASI Dunaliella salina

TJOKORDE ASTRID SANTIABELLA, 060810459P (2013) PENGARUH KONSENTRASI PUPUK Lemna minor TERHADAP POPULASI Dunaliella salina. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-santiabell-28328-3.ringk-n.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext santi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunaliella salina merupakan salah satu mikroalga yang mempunyai kandungan kandungan gizi yang tinggi, sehingga Dunaliella salina banyak dimanfaatkan sebagai pakan alami yang efektif, karena mempunyai dinding sel dan mudah dicerna. Dunaliella salina merupakan fitoplankton yang kaya akan nutrient seperti asam lemak omega 3 dan omega 6 dan asam amino essensial. Dunaliella salina memiliki potensial yang besar terhadap jumlah β-karoten dan gliserol. Lemna minor selain mengandung nutrient N dan P yang tinggi juga memiliki konsentrasi tinggi mineral dan pigmen, terutama beta karoten dan xantofil sehingga baik untuk pertumbuhan Dunaliella salina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk Lemna minor terhadap pertumbuhan populasi Dunaliella salina dan konsentrasi optimal pupuk Lemna minor pada kultur Dunaliella salina. Dosis Lemna minor yang digunakan dalam penelitian ini adalah A (0 ml/l), B (0,25 ml/l), C (0,5 ml/l), D (0,75 ml/l), E (1 ml/l) dan penggunaan pupuk walne (1 ml/l) sebagi kontrol untuk penelitian. Metode Penelitian ini adalah metode eksperimental. Penelitian dilakukan di Laboratorium Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga selama 7 hari. Parameter utama yang diamati adalah Populasi Dunaliella salina. Parameter penunjang meliputi kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan dosis terbaik pupuk Lemna minor untuk pertumbuhan Dunaliella salina adalah dosis pada perlakuan D (0,75ml/l) sebesar 36,18x104 sel/ml pertumbuhan tertinggi terjadi pada hari kelima. Berdasarkan pengukuran kualitas air dari seluruh perlakuan masih layak dan baik untuk mendukung proses pertumbuhan Dunaliella salina selama penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 09/13 San p
Uncontrolled Keywords: FERTILIZER
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH388.7-391.5 Algae culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
TJOKORDE ASTRID SANTIABELLA, 060810459PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, ,Ir.,MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26193
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item