IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy) DI DESA NGRAJEK MAGELANG JAWA TENGAH

RIZA ARYANI, 060810452P (2013) IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy) DI DESA NGRAJEK MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-aryaniriza-28329-3.ringk-n.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext aryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan gurami merupakan salah satu dari ikan air tawar konsumsi yang rnempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan gurami merupakan ikan air tawar yang sudah lama dikenal dan dibudidayakan. Ikan gurami memiliki banyak keistimewaan diantaranya tidak terlalu banyak menuntut persyaratan untuk hidupnya, hanya saja ikan gurami memiliki pertumbuhan yang lambat. Dalam pemeliharaannya muncul beberapa kendala, diantaranya penyakit. Salah satu penyebabnya adalah parasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan prevalensi cacing yang terdapat pada saluran pencernaan ikan gurami di Desa Ngrajek Magelang Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode survey melalui pengambilan sampel pada lokasi secara langsung. Pengambilan sampel dilakukan satu kali sebanyak 48 ekor ikan gurami dari empat lokasi dengan ukuran ikan 10-15 cm. Parameter utama yang diamati dalam penelitian ini adalah jenis dan tingkat prevalensi cacing yang terdapat pada saluran pencernaan ikan gurami di Desa Ngrajek Magelang Jawa Tengah, sedangkan parameter penunjang dalam penelitian ini adalah kualitas air diantaranya pH, suhu, oksigen terlarut (DO) ,dan amonia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 48 ekor sampel yang diambil dari empat lokasi terdapat empat ekor ikan gurami yang terserang cacing saluran pencernaan. Tingkat prevalensi ikan gurami yang terinfeksi cacing pada saluran pencernaan untuk lokasi A yaitu 12,5%, untuk lokasi B yaitu 13,3%, untuk lokasi C yaitu 0% dan untuk lokasi D yaitu 10%. Tingkat prevalensi cacing yang ditemukan pada saluran pencernaan terdiri dari Echinorhynchus 6,25%, Neoechinorhynchus 2,08% dan Pallisentis 2,08%. Secara keseluruhan prevalensi ikan gurami yang terinfeksi cacing pada saluran pencernaan di Desa Ngrajek Magelang Jawa Tengah adalah 8,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 10/13 Ary i
Uncontrolled Keywords: WORM
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
RIZA ARYANI, 060810452PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKismiyati., Dr. Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email dewi@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 05:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item