PENGARUH FERMENTASI LIMBAH RUMPUT LAUT Gracilaria sp.DENGAN Bacillus subtilis TERHADAP POPULASI PLANKTON Chlorophyceae

RANI FRISCA CHRISTIANA, 060710178 P (2013) PENGARUH FERMENTASI LIMBAH RUMPUT LAUT Gracilaria sp.DENGAN Bacillus subtilis TERHADAP POPULASI PLANKTON Chlorophyceae. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-christiana-28386-3.ringk-n.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu kekayaan hayati laut Indonesia adalah rumput laut. Terdapat sekitar 18.000 jenis rumput laut di seluruh dunia dan 25 jenis diantaranya memiliki nilai ekonomi tinggi. Indonesia terdapat 555 jenis rumput laut dan empat jenis diantaranya dikenal sebagai komoditas ekspor, yaitu Euchema sp., Gracilaria sp., Gelidium sp. dan Sargasum sp. Salah satu jenis alga yang banyak dibudidayakan di perairan Indonesia adalah Gracilaria sp. Rumput laut banyak dibudidayakan karena memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan produksi perikanan serta menjaga kelestarian sumber hayati. Dari hasil budidaya tersebut banyak limbah rumput laut. Pemanfaatan limbah panen rumput laut Gracilaria sp. dapat diaplikasikan menjadi pupuk organik yaitu melalui proses fermentasi secara biologis dengan menggunakan mikroba proteolitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fermentasi limbah rumput laut Gracilaria sp. dengan Bacillus subtilis terhadap populasi plankton Chlorophyceae. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2011 di Laboratorium Pendidikan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga, Surabaya. Rancangan Percobaan dalam penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah: (A) kontrol, (B) pemberian 10ml/l cairan limbah panen rumput laut tanpa fermentasi, pemberian cairan fementasi limbah rumput laut 5ml/l (C), (D) pemberian cairan fementasi limbah rumput laut 10ml/l, (E) pemberian cairan fementasi limbah rumput laut 15ml/l, (F) pemberian cairan fementasi limbah rumput laut 20ml/l. Parameter utama yang diamati adalah populasi plankton Chlorophyceae, sedangkan parameter pendukung yang diamati adalah kualitas air. Analisis data menggunakan analisis varian (ANAVA), bila terdapat perbedaan dilanjutkan dengan uji jarak berganda DUNCAN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 16/13 Chr p
Uncontrolled Keywords: MARINE ALGAE
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
RANI FRISCA CHRISTIANA, 060710178 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Subekti B.S, Prof.Dr.Hj..,DEA.,drhUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 26 Nov 2013 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 11:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item