KANDUNGAN SERAT KASAR DAN PROTEIN KASAR PADA DAUN TALAS (Colocasia esculenta) YANG DIFERMENTASI DENGAN Trichoderma viride DAN Bacillus subtillis SEBAGAI BAHAN PAKAN ALTERNATIF IKAN

ELDA RIKZA QOLBY, 060810109 P (2013) KANDUNGAN SERAT KASAR DAN PROTEIN KASAR PADA DAUN TALAS (Colocasia esculenta) YANG DIFERMENTASI DENGAN Trichoderma viride DAN Bacillus subtillis SEBAGAI BAHAN PAKAN ALTERNATIF IKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-qolbyeldar-28432-3.ringk-n.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pakan berperan sangat penting pada usaha budidaya perikanan karena bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat-zat makanan yang diperlukan bagi pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi. Kebutuhan pakan pada usaha budidaya perikanan dapat mencapai 60-70% dari biaya produksi. Salah satu upaya untuk mengurangi biaya pakan yaitu dengan pemanfaatan bahan baku pakan alternatif, yaitu dengan memanfaatkan bahan baku lokal baik berasal dari hewan, nabati dan limbah pertanian maupun perkebunan. Daun talas merupakan salah satu limbah pertanian yang memiliki potensi menjadi bahan pakan alternatif, tetapi nilai gizinya masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kandungan nutrisi dari daun talas adalah dengan melakukan fermentasi dengan menggunakan mikroba selulolitik dan mikroba proteolitik yaitu menggunakan Trichoderma viride dan Bacillus subtilis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Trichoderma viride dan Bacillus subtilis terhadap kandungan serat kasar dan protein kasar pada daun talas yang difermentasi. Metode penelitian ini adalah eksperimental. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap. Terdiri atas dua puluh unit percobaan dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah kontrol (P0), pemberian Bacillus subtilis 6% (P1), pemberian Trichoderma viride 3% (P2) dan kombinasi keduanya (P3) dengan masing-masing ulangan 5 kali. Parameter yang diamati adalah kandungan serat kasar dan protein kasar setelah fermentasi selama 6 hari. Data tentang kandungan protein kasar dan serat kasar yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan Analisis Varian untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Perbedaan antar perlakuan diuji dengan uji jarak berganda Duncan (DMRT).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 21/13 Qol k
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ELDA RIKZA QOLBY, 060810109 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAgustono, Ir. M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 11:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item