PEMANFAATAN PERASAN BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) UNTUK PENGENDALIAN Myxobolus PADA IKAN MAS KOI (Cyprinus carpio L)

ALMIRA FARDANI LAHAY, 140911011 (2013) PEMANFAATAN PERASAN BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia) UNTUK PENGENDALIAN Myxobolus PADA IKAN MAS KOI (Cyprinus carpio L). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-lahayalmir-28500-3.ringk-n.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki harga jual yang tinggi adalah ikan mas koi (Cyprinus carpio), akan tetapi di dalam pemeliharaan ikan mas koi tetap tidak lepas dari masalah kesehatan, terutama pada saat terserang penyakit, yang mengakibatkan kerugian ekonomis bagi para pembudidaya ikan mas koi. Penyakit dapat disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, pakan maupun kondisi lingkungan yang kurang menunjang kehidupan ikan. Salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang ikan mas koi adalah Myxobolusis yang disebabkan oleh parasit Myxobolus. Saat ini banyak tumbuhan tradisional yang sudah ditemukan memiliki zat antiparasit, Salah satu tumbuhan tersebut adalah buah mengkudu (Morinda citrifolia). Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan dan konsentrasi yang tepat perasaan buah mengkudu (Morinda citrifolia) untuk mengendalikan infeksi Myxobolus pada ikan mas koi. Metode penelitian adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAK) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah dosis perasan buah mengkudu yang berbeda yaitu A (0%), B (1%), C (2%), Dan D (3%) masing-masing perlakuan diulang sebanyak lima kali. Parameter utama yang diamati adalah jumlah nodul, ukuran nodul dan buka tutup operkulum. Parameter penunjang yang diamati adalah DO, suhu dan pH. Analisis data menggunakan ANOVA dan Kruskall Wallis dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan dan Uji Independent dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis perasan buah mengkudu yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata (P<0.05) terhadap infeksi myxobolus. Perlakuan yang tertinggi terdapat pada perlakuan C (2%) untuk pengamatan jumlah nodul, perlakuan D (3%) pada pengamatan ukuran nodul dan perlakuan D (3%) pada pengamatan skoring buka tutup operkulum. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan perlakuan D (3%) merupakan perlakuan yang paling baik dalam pengendalian myxobolus. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui waktu optimal dan pengaruh di lapangan serta kolam pemeliharaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 63/13 Lah p
Uncontrolled Keywords: MEDICINAL PLANTS; FISHES - PARASITES
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ALMIRA FARDANI LAHAY, 140911011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorGunanti Mahasri, Dr. Ir.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26220
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item