PERUBAHAN HISTOPATOLOGI LIMPA IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG TERINFEKSI BAKTERI Edwardsiella tarda

EVI ANDRIKA, 060810357P (2013) PERUBAHAN HISTOPATOLOGI LIMPA IKAN NILA (Oreochromis niloticus) YANG TERINFEKSI BAKTERI Edwardsiella tarda. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2013-andrikaevi-28505-3.ringk-n.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan ikan konsumsi yang digemari masyarakat dan termasuk dalam 10 komoditas yang menjadi target peningkatan produksi perikanan budidaya pada tahun 2014. Akan tetapi, dalam kegiatan budidaya ikan nila masih mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala tersebut yaitu adanya penyakit bakterial. Salah satu bakteri yang sering menyerang ikan nila adalah Edwardsiella tarda. Bakteri Edwardsiella tarda merupakan penyebab penyakit septicemia haemoragic atau biasa disebut edwardsielosis dan gastroenteritis pada ikan air tawar dan menjadi patogen opurtunistik pada manusia dan menyebabkan terjadinya diare. Bakteri ini dapat ditemukan di organ insang, ginjal, hati, limpa dan usus. Limpa merupakan organ pertahanan tubuh yang mampu memfagosit keberadaan benda-benda asing dengan bantuan sistem retikuloendotelial (RES) dan sel-sel yang sangat responsif dari limpa. Sehingga organ limpa sangat penting dalam sistem pertahanan tubuh ikan. Apabila organ tersebut terserang benda-benda asing seperti bakteri maka sistem pertahanan tubuh ikan akan menjadi lemah dan bakteri akan menyebar ke seluruh tubuh ikan sehingga bisa menyebabkan ikan mati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan histopatologi limpa ikan nila (Oreochromis niloticus) yang terinfeksi bakteri Edwardsiella tarda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Analisa data kerusakan histopatologi limpa dilakukan secara deskriptif yakni dengan menghitung seluruh jumlah Melanomacrophage Centres (MMC) yang teramati untuk menentukan kepadatan MMC, mengamati hiperplasi sel Melanomacrophage pada MMC dan kongesti. Parameter penelitian utama adalah seluruh perubahan atau kerusakan histopatologi pada limpa ikan nila yang terinfeksi bakteri Edwardsiella tarda. Parameter penunjang penelitian adalah kualitas air yang meliputi suhu, pH dan DO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 65/13 And p
Uncontrolled Keywords: HISTOLOGY, PATHOLOGICAL; FISHES - INFECTIONS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
EVI ANDRIKA, 060810357PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHari Suprapto, Prof. Dr.Ir., M.AgrUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26222
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item