PENGARUH IMBANGAN PROTEIN PAKAN BUATAN YANG BERBEDA TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN ENERGI IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

NOVI PUSPITA, 060810363P (2014) PENGARUH IMBANGAN PROTEIN PAKAN BUATAN YANG BERBEDA TERHADAP RETENSI PROTEIN DAN ENERGI IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-puspitanov-29208-3.ringk-n.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila merupakan ikan yang produktivitasnya tinggi, pertumbuhannya cepat dan mempunyai daya tahan tubuh tinggi terhadap perubahan lingkungan. Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan air tawar yang banyak diminati oleh konsumen. Usaha budidaya ikan nila ini semakin banyak dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar. Dalam setiap usaha budidaya, pembudidaya selalu berusaha meningkatkan hasil produksinya. Agar hasil produksi meningkat maka pertumbuhan ikan harus optimal. Pertumbuhan yang optimal pada ikan budidaya dapat dicapai salah satunya dengan pemberian pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi. Pakan ikan harus mempunyai kandungan nutrien yang lengkap, komposisi seimbang dan sesuai dengan kebutuhan ikan. Protein dan energi merupakan salah satu pertimbangan utama dalam menyusun atau membeli pakan untuk budidaya. Hal ini karena energi berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ikan. Energi dalam pakan dapat dihasilkan dari protein, karbohidrat dan lemak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui imbangan protein yang paling baik untuk ikan nila dan dapat menghasilkan pertumbuhan yang optimal dengan pendekatan parameter retensi protein dan energi untuk mendeterminasikan pemanfaatan protein dan energi pakan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan lima ulangan. Parameter utama yang diamati adalah retensi protein dan energi. Parameter penunjang yang diamati adalah pertumbuhan dan kualitas air. Analisis data menggunakan Analisis Varian (Anova) dan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 70/13 Pus p
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS; NILE TILAPIA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
NOVI PUSPITA, 060810363PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Subekti, Prof. Dr. Hj. drh., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Jan 2014 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 03:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26228
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item