PREVALENSI DAN INTENSITAS Argulus PADA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI SENTRA IKAN KOI KABUPATEN BLITAR, JAWA TIMUR.

ANISA RIZKY DIAHSARI, 060710166P (2014) PREVALENSI DAN INTENSITAS Argulus PADA IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI SENTRA IKAN KOI KABUPATEN BLITAR, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-diahsarian-29520-3.ringk-n.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan hias yang sedang mendapat perhatian pemerintah Jawa Timur untuk pengembangan budidaya. Masalah budidaya ikan tidak terlepas dari penyakit yang dapat menyebabkan kematian ikan. Salah satu parasit yang menyebabkan penyakit pada ikan adalah Argulus. Argulus dapat berperan sebagai vektor virus atau bakteri yang sering menyebabkan penyakit pada ikan. Dalam hal ini perlu dilakukan identifikasi dari jenis Argulus yang menyerang ikan hias khususnya ikan Koi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan intensitas Argulus pada ikan koi (C. carpio) yang dipelihara di Desa Kemloko, Desa Nglegok dan Desa Penataran. Penelitian ini dapat dijadikan rujukan dan pertimbangan untuk pencegahan dan pengobatan penyakit parasitik yang disebabkan oleh Argulus. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan Maret 2012. Identifikasi parasit dilakukan di Puslit Biologi LIPI, Cibinong, Jawa Barat dan di Laboratorium Pendidikan Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Hasil penelitian menunjukan bahwa selama berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan sampel ikan koi pada di Desa Kemloko, Desa Nglegok, Desa Penataran, didapat spesies Argulus japonicus. Hasil prevalensi dari jumlah sampel yang diambil di Desa Kemloko kolam I sebanyak 50% dan kolam II sebanyak 44%, angka prevalensi Desa Nglegok kolam I sebanyak 48% dan kolam II sebanyak 46% sedangkan angka prevalensi Desa Penataran kolam I sebanyak 52% dan kolam II sebanyak 48%. Hasil intensitas dari jumlah sampel yang diambil di Desa Kemloko kolam I sebanyak 1,08 dan kolam II sebanyak 1,09, angka intensitas Desa Nglegok kolam I sebanyak 1,04 dan kolam II sebanyak 1,04 sedangkan Desa Penataran angka intensitas kolam I sebanyak 1,03 dan kolam II sebanyak 1,08.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 01/14 Dia p
Uncontrolled Keywords: FISHES - PARASITES; CARP
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ANISA RIZKY DIAHSARI, 060710166PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahayu Kusdarwati, Ir., MkesUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 20 Jan 2014 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item