ISOLASI DAN IDENTIFIKASI FUNGI PADA LUKA IKAN MAS KOMET (Carassius auratus auratus) AKIBAT INFESTASI Argulus japonicus

MAHENDRA SUGI LAKSONO YUDANTO, 140911135 (2014) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI FUNGI PADA LUKA IKAN MAS KOMET (Carassius auratus auratus) AKIBAT INFESTASI Argulus japonicus. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-yudantomah-30750-3.ringk-n.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada setiap usaha perikanan terutama ikan mas komet memiliki berbagai kendala dan resiko. Salah satu kendala dalam budidaya ikan mas komet adalah penyakit, terutama parasit yang dapat mengakibatkan kerugian ekonomis. Salah satu parasit yang sering menyerang ikan mas komet adalah ektoparasit Argulus japonicus. Kerugian dari parasit menyebabkan timbulnya luka pada organ eksternal ikan, timbul lendir secara berlebihan, terjadi pendarahan pada kulit dan sirip yang dapat berakibat kerusakan pada jaringan ikan. Akibat infestasi A. japonicus dapat menyebabkan masuknya infeksi sekunder yaitu infeksi fungi yang sebagian besar merupakan mikroorganisme patogen bagi ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies fungi pada luka ikan mas komet (Carassius auratus auratus) akibat infestasi Argulus japonicus. Penelitian ini adalah studi eksperimental, yaitu dengan terinfeksi buatan oleh A. japonicus sebanyak 5, 10, 15 pada masing-masing ikan mas komet (Carassius auratus auratus). Masing-masing perlakuan di ulang sebanyak lima kali. Setelah A.japonicus menempel semua pada ikan mas komet kemudian diamati sampai ikan mas komet timbul luka akibat gigitan dari A. japonicus. Proses isolasi pada media Sabouraud Dextrose Agar dan identifikasi fungi dilakukan pada luka ikan mas komet tersebut. Parameter utama yang diamati adalah adanya fungi yang muncul akibat infestasi A.japonicus pada luka ikan mas komet (Carassius auratus auratus) dan parameter penunjang yang diamati adalah pengukuran pH, suhu, amoniak, Dissolve Oxigent (DO). Hasil penelitian menunjukkan ada enam spesies fungi seperti Penicillium glabrum, Aspergillus flavus, Aspergillus niger, Aspergillus fumigatus, Aspergillus candidus dan Fusarium sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 15/14 Yud i
Uncontrolled Keywords: FISHES - PARASITES; FUNGI
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MAHENDRA SUGI LAKSONO YUDANTO, 140911135UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Apr 2014 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26237
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item