STUDI KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DAN PREDIKSI KANDUNGAN METIL MERKURI (CH3Hg) PADA ORGAN KERANG DARAH (Anadara granosa) DI KECAMATAN SIDAYU DAN KECAMATAN BANYUURIP, PANTAI UTARA GRESIK, JAWA TIMUR.

BASKARA ADAM SALEH, 140911022 (2014) STUDI KANDUNGAN LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DAN PREDIKSI KANDUNGAN METIL MERKURI (CH3Hg) PADA ORGAN KERANG DARAH (Anadara granosa) DI KECAMATAN SIDAYU DAN KECAMATAN BANYUURIP, PANTAI UTARA GRESIK, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-salehbaska-30820-4.ringk-n.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Limbah pengeboran minyak dan limbah industri yang terbuang melalui muara Sungai Bengawan Solo merupakan sumber pencemaran lingkungan di Kecamatan Sidayu dan Kecamatan Banyu Urip, Gresik sebagai salah satu penghasil kerang darah (Anadara granosa). Salah satu zat pencemar yang paling berbahaya dari logam berat adalah merkuri. Kerang dapat mengakumulasi logam berat lebih besar daripada hewan air lainnya karena sifatnya yang menetap dan menyaring makanannya (filter feeder) serta lambat untuk dapat menghindarkan diri dari pengaruh polusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan merkuri serta prediksi metil merkuri yang ada pada kerang darah (Anadara granosa). Proses pengambilan sampel dilakukan di Perairan Kecamatan Sidayu dan Kecamatan Banyu Urip, Gresik kemudian dilakukan pembacaan dengan menggunakan Atomic Absorbance Spectrophotometric (AAS). Penelitian ini bersifat deskriptif serta data yang diperoleh kemudian dilakukan perhitungan stoikiometri untuk memprediksi kandungan metil merkuri. Berdasarkan hasil analisis kandungan merkuri maupun prediksi metil merkuri pada organ kerang darah (Anadara granosa) yang ada di Perairan Kecamatan Sidayu dan Kecamatan Banyu Urip, Gresik, belum melampaui ambang batas SNI no.7387:2009 (2009) yaitu 0,5 ppm. Pencemaran merkuri tertinggi terdapat pada cangkang kerang darah dengan nilai rata-rata 0,273 ppm dan 0,293 ppm, diikuti dengan lambung dan usus kerang dengan nilai rata-rata 0,226 ppm dan 0,281 ppm. Pencemaran paling rendah adalah pada organ insang, hati, dan ginjal dengan nilai rata-rata 0,150 ppm dan 0,133 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 22/14 Sal s
Uncontrolled Keywords: MERCURY
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
BASKARA ADAM SALEH, 140911022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MPUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 07 Apr 2014 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 01:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26244
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item