DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN API-API (Avicennia alba) TERHADAP Vibrio harveyi PENYEBAB VIBRIOSIS SECARA INVITRO

ZURICA MELATI FITRI RAMADHANI, 060710022P (2014) DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN API-API (Avicennia alba) TERHADAP Vibrio harveyi PENYEBAB VIBRIOSIS SECARA INVITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhaniz-31043-3.ringk-n.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang merupakan salah satu sumber devisa negara . Budidaya udang dihadapkan pada berbagai kendala, salah satunya adalah berjangkitnya berbagai penyakit yang menyebabkan kegagalan panen, terutama karena serangan penyakit yang mematikan salah satunya penyakit vibriosis penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio harveyi yang dapat menimbulkan kematian masal pada larva udang windu. Pada penelitian ini digunakan daun api – api Avicennia alba sebagai bahan alami yang diketahui memiliki beberapa zat antibakteri yaitu : Flavonoid, Saponin dan Tanin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi optimum ekstrak daun api-api (Avicennia alba) dalam menghambat dan membunuh pertumbuhan bakteri Vibrio harveyi. Metode penelitian ini adalah eksperimen .Penelitian ini menggunakan konsentrasi 100% 90% 80% 70% 60% 50% 40% 30% 20% 10% 0%. 0% sebagai kontrol negatif dan 100% sebagai kontrol positif. Parameter yang diamati adalah konsentrasi minimum yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri V.harveyi dengan melihat tingkat kejernihan pada uji Minimum Inhibitory Concentration (MIC) dan konsentrasi optimum yang dapat membunuh pertumbuhan bakteri dengan melihat pertumbuhan koloni pada uji Minimum Bacteria Concentration (MBC). Hasil penelitian menunjukan bahwa uji MIC bahwa pada konsentrasi 60% suspensi terlihat jernih hal ini berarti pada konsentrasi tersebut ekstrak Avicennia alba dapat menghambat V.harveyi. Sedangkan pada uji MBC konsentrasi minimum yang dapat membunuh bakteri adalah 90%. Hal ini dapat diartikan bahwa Avicennia alba memiliki efektivitas dalam menghambat dan membunuh bakteri V.harveyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 30/14 Ram d
Uncontrolled Keywords: PLANT EXTRACTS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ZURICA MELATI FITRI RAMADHANI, 060710022PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKismiyati, Dr. Ir. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 21 Apr 2014 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 02:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26252
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item