KORELASI UKURAN KERANG DARAH (Anadara granosa) DENGAN KONSENTRASI LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DI MUARA SUNGAI KETINGAN, SIDOARJO, JAWA TIMUR

Astri Reza Fauziah, 060710149P (2012) KORELASI UKURAN KERANG DARAH (Anadara granosa) DENGAN KONSENTRASI LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DI MUARA SUNGAI KETINGAN, SIDOARJO, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
26271.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Limbah industri merupakan sumber utama pencemaran lingkungan terutama di perairan. Sebagian zat-zat pencemar tersebut akan terbawa aliran sungai dan bermuara di lautan. Salah satu zat pencemar yang paling berbahaya adalah logam berat. Kerang merupakan salah satu sumber daya hayati yang telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, namun kerang dapat mengakumulasi logam berat lebih besar daripada hewan air lainnya karena sifatnya yang menetap dan menyaring makanannya (filter feeder) serta lambat untuk dapat menghindarkan diri dari pengaruh polusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi ukuran kerang darah (Anadara granosa) dengan konsentrasi logam berat merkuri (Hg) di muara Sungai Ketingan, Sidoarjo, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi lapangan. Ukuran kerang darah (Anadara granosa) yang digunakan yaitu kerang darah kecil (<2.5 cm), kerang darah sedang (2.5 cm-3 cm) dan kerang darah besar (>3 cm) (Afriansyah, 2009). Parameter utama yang diamati yaitu konsentrasi logam berat merkuri (Hg) pada kerang darah (Anadara granosa), air laut dan sedimen di muara Sungai Ketingan, Sidoarjo. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air meliputi suhu, pH, salinitas, DO dan kecerahan. Analisis data digunakan untuk mencari hubungan dan keeratan data yang diperoleh (regresi-korelasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerang darah berukuran besar (>3cm) memiliki konsentrasi logam berat merkuri (Hg) lebih besar daripada kerang darah yang berukuran lebih kecil serta terdapat korelasi antara ukuran kerang darah (Anadara granosa) dengan konsentrasi logam berat merkuri (Hg). Kualitas air muara Sungai Ketingan adalah suhu 25oC-28oC, pH 7-8, salinitas 13‰-21‰, kecerahan 10 cm dan DO 5 mg/l.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 12 / 12 Fau k
Uncontrolled Keywords: ANADARA GRANOSA; MERCURY
Subjects: Q Science
Q Science > QL Zoology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Astri Reza Fauziah, 060710149PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBoedi Setya Rahardja,, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 27 Jul 2012 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 22:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26271
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item