KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR PADA KULIT PISANG RAJA YANG DIFERMENTASI DENGAN Trichoderma viride DAN Bacillus subtilis SEBAGAI BAHAN BAKU PAKAN IKAN

Mohamad Yusuf, 060610217 P (2012) KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR PADA KULIT PISANG RAJA YANG DIFERMENTASI DENGAN Trichoderma viride DAN Bacillus subtilis SEBAGAI BAHAN BAKU PAKAN IKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-yusufmoham-20648-kkckkp-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan limbah sebagai bahan pakan ikan merupakan alternatif dalam upaya meningkatkan ketersediaan bahan baku penyusun ransum. Bahan pakan yang sering digunakan dalam penyusunan ransum sebagian besar berasal dari limbah dan pencarian bahan pakan yang belum lazim digunakan diarahkan pada upaya penggalian potensi limbah sebagai bahan baku pakan. Tanaman Pisang (Musaceaea sp) merupakan tanaman penghasil buah yang banyak terdapat di Indonesia dan buahnya banyak disukai untuk dikonsumsi secara langsung sebagai buah atau diolah menjadi produk konsumsi lain, namun hal ini tidak diimbangi dengan pengolahan limbah dari kulit pisang yang sangat banyak jumlahnya. Kulit pisang merupakan salah satu limbah pertanian yang memiliki potensi menjadi bahan pakan alternatif, tetapi nilai gizi yang terkandung dalam kulit pisang masih rendah sehingga perlu dilakukan upaya untuk dapat memperbaiki kandungan gizinya, salah satunya adalah metode fermentasi dengan menggunakan Trichoderma viride dan Bacillus subtilis untuk dapat meningkatkan kandungan protein kasar dan menurunkan kandungan serat kasar pada kulit pisang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 10 / 12 Yus k
Uncontrolled Keywords: TRICHODERMA VIRIDE; BACILLUS SUBTILIS
Subjects: Q Science
Q Science > QH Natural history
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mohamad Yusuf, 060610217 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgustono,, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 27 Jul 2012 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 00:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26275
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item