PENGGUNAAN CRUDE FISH OIL (CFO) PADA PAKAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) TERHADAP KANDUNGAN EPA DAN DHA PADA DAGING

JANUAR HADI PRASETYO, 141011140 (2014) PENGGUNAAN CRUDE FISH OIL (CFO) PADA PAKAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) TERHADAP KANDUNGAN EPA DAN DHA PADA DAGING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-prasetyoja-33108-4.ringk-n.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Asam lemak omega-3 (Alpha-linolenic acid) dan asam lemak omega-6 (Linoleic acid) adalah kelompok asam lemak esensial, dimana asam lemak esensial adalah asam lemak yang tidak bisa di sintesis sendiri oleh tubuh, sehingga harus di dapatkan dari makanan yang di konsumsi. Asam lemak omega-3 termasuk didalamnya EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid), sangat bermanfaat bagi udang yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangan udang. Salah satu sumber omega-3 adalah berasal dari minyak ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Crude Fish Oil (CFO) pada pakan terhadap kandungan EPA dan DHA pada daging udang vaname. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah kandungan Crude Fish Oil (CFO) yang berbeda, yaitu P0 (0%), P1 (2%), P2 (4%), P3 (6%), dan P4 (8%) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Parameter utama yang diamati adalah kandungan EPA dan DHA pada daging udang vaname. Parameter penunjang yang diamati adalah parameter kualitas air. Analisis data menggunakan Analisis of Varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian penggunaan Crude Fish Oil (CFO) menunjukkan perbedaan yang nyata (p<0,05) terhadap kandungan EPA dan DHA pada daging udang vaname. Kandungan EPA dan DHA tertinggi terdapat pada perlakuan P4 (8%) dan terendah terdapat pada perlakuan P0 (0%). Penggunaan Crude Fish Oil (CFO) pakan udang vaname perlu di diteliti lebih jauh lagi terkait dengan pertumbuhan udang maupun siklus reproduksi udang untuk meningkatkan produktifitas udang vaname. Untuk penggunaan Crude Fish Oil (CFO) pada pakan sebaiknya menggunakan dosis 6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 50-14 Pra p
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS
Subjects: Q Science
Q Science > QL Zoology
Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
JANUAR HADI PRASETYO, 141011140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgustono, , Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 04 Sep 2014 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 05:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26289
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item