IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sanguineus) HASIL TANGKAPAN YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG, LAMONGAN

ALVIA MURTIKA SANDY, 140911021 (2014) IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sanguineus) HASIL TANGKAPAN YANG DIDARATKAN DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG, LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sandyalvia-33109-4.ringk-n.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kakap merah merupakan ikan perairan laut yang memiliki nilai gizi yang lengkap. Ikan ini mempunyai nilai ekonomis penting sebagai komoditas ekspor yang permintaannya terus meningkat. Umumnya ikan yang dijual dipasar domestik maupun internasional masih berasal dari tangkapan alam dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya berasal dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan. Sampai saat ini informasi mengenai infeksi parasit pada ikan laut di Indonesia masih sedikit. Informasi ini penting untuk mengetahui jenis parasit yang menginfeksi ikan laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan prevalensi ektoparasit yang menyerang ikan kakap merah (Lutjanus sanguineus) hasil tangkapan yang didaratkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dan di Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kelas I Surabaya II. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ikan kakap merah sebanyak 105 ekor dan bahan lain yang diperlukan untuk pewarnaan yaitu larutan alkohol gliserin 5%, larutan Acetocarmine, larutan alkohol 70%, alkohol 85%, alkohol 95%, xylol dan entellan. Parameter utama yang diamati adalah identifikasi dan prevalensi ektoparasit yang menyerang ikan kakap merah. Hasil penelitian yang dilakukan ditemukan dua spesies ektoparasit yang menyerang ikan kakap merah pada bagian insang, yaitu Hatschekia balistae dan Hatschekia conifera. Total prevalensi ektoparasit pada ikan kakap merah sebesar 25,71% termasuk dalam kategori often (seringkali) dengan prevalensi tertinggi sebesar 40% dan prevalensi terendah sebesar 13,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 51-14 San i
Uncontrolled Keywords: ECTOPARASITES; FISH; LUTJANUS SANGUINEUS
Subjects: Q Science
Q Science > QL Zoology
Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ALVIA MURTIKA SANDY, 140911021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKismiyati,, Dr. Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 04 Sep 2014 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 05:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26290
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item