PENGARUH PENAMBAHAN Crude Fish Oil (CFO) PADA PAKAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL DAN RETENSI LEMAK DAGING

AZHARUR RIYADH, 141011020 (2014) PENGARUH PENAMBAHAN Crude Fish Oil (CFO) PADA PAKAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL DAN RETENSI LEMAK DAGING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-riyadhazha-33112-5.ringk-n.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vaname adalah organisme perairan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan menjadi sumber protein dan lemak hewani yang dibutuhkan oleh manusia. Udang juga membutuhkan lemak sebagai sumber energi dan proses metabolisme untuk memaksimalkan pertumbuhan. Daging udang vaname mengandung kolesterol yang tinggi sehingga hal tersebut menjadi hambatan untuk mengkonsumsi udang vaname dan kolesterol yang tinggi pada pakan dapat mempengaruhi pertumbuhan udang vaname. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan melakukan penambahan Crude Fish Oil (CFO) yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi pada pakan udang vaname untuk menurunkan kandungan kolesterol dan menjadi sumber lemak pakan untuk meningkatkan retensi lemak pada daging. Rumusan masalah penelitian in yaitu apakah penambahan CFO pada pakan udang vaname berpengaruh terhadap penurunan kandungan kolesterol dan peningkatan retensi lemak daging. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan CFO pada pakan udang vaname terhadap penurunan kolesterol dan peningkatan retensi lemak pada daging. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah persentase penambahan CFO yang berbeda pada pakan udang vaname, yaitu P0 (0%), P1 (2%), P2 (4%), P3 (6%) dan P4 (8%) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Parameter utama yang diamati adalah kandungan kolesterol (mg/100 g) dan retensi lemak (%) pada daging. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air pemeliharaan (suhu, salinitas, pH, DO dan ammonia). Analisis data menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan CFO pada pakan memberikan pengaruh yang nyata (p<0,05) terhadap penurunan kandungan kolesterol daging. Rata-rata penurunan kandungan kolesterol terbaik terdapat pada perlakuan P3 (135,22 mg/100 g) dan P4 (133,51 mg/100 g). Penambahan CFO pada pakan tidak memberikan pengaruh yang nyata (p>0,05) terhadap peningkatan retensi lemak daging. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh penurunan kolesterol terhadap pertumbuhan dan Survival rate (SR) atau penelitian sejenis pada udang vaname.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 52-14 Riy p
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS
Subjects: Q Science
Q Science > QL Zoology
Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AZHARUR RIYADH, 141011020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAgustono, , Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 04 Sep 2014 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 05:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26291
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item