IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sanguineus) DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG LAMONGAN JAWA TIMUR

YOANITA ANGGRAENI, 141011099 (2014) IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sanguineus) DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA BRONDONG LAMONGAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
ANGGRAENI, YOANITA.pdf

Download (920kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kakap merah merupakan salah satu jenis ikan perairan karang yang bernilai ekonomis tinggi dan memiliki nilai gizi yang lengkap. Ikan kakap merah termasuk golongan ikan karnivora. Beberapa penelitian tentang ikan laut menyatakan bahwa, ikan laut yang hidup bebas di alam terutama yang bersifat karnivora sering terinfeksi cacing endoparasit. Cacing tersebut menginfeksi saluran pencernaan, mesentri, rongga tubuh, hati, ginjal, gonad, dan mata ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan prevalensi cacing yang terdapat pada saluran pencernaan ikan kakap merah di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamongan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode survey melalui pengambilan sampel pada lokasi secara langsung. Pengambilan sampel dilakukan empat kali sebanyak 60 ekor ikan kakap merah di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 ekor sampel yang diambil terdapat 7 ekor ikan kakap merah yang terserang cacing Anisakis simplex pada saluran pencernaan. Tingkat prevalensi ikan kakap merah yang terinfeksi cacing A. simplex pada saluran pencernaan untuk minggu pertama yaitu 6,67%, untuk minggu kedua yaitu 13,33%, untuk minggu ketiga yaitu 0% dan untuk minggu keempat yaitu 26,67%. Prevalensi cacing pada saluran pencernaan ikan kakap merah di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamonga Jawa Timur adalah 11,67 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 54-14 Ang i
Uncontrolled Keywords: WORMS
Subjects: Q Science
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
V Naval Science
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
YOANITA ANGGRAENI, 141011099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Subekti,, Prof. Dr. Hj. drh., DEAUNSPECIFIED
ContributorKismiyati,, Dr. Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 04 Sep 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 02:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item