PREVALENSI DAN INTENSITAS IKAN MASKOKI (Carassius auratus) YANG TERSERANG Lernaea cyprinacea DI SENTRA BUDIDAYA IKAN MASKOKI KABUPATEN TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR.

ISWARDIYANTOK, 140911110 (2014) PREVALENSI DAN INTENSITAS IKAN MASKOKI (Carassius auratus) YANG TERSERANG Lernaea cyprinacea DI SENTRA BUDIDAYA IKAN MASKOKI KABUPATEN TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
ISWARDIYANTOK.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Maskoki (Carassius auratus) merupakan salah satu ikan hias populer yang banyak digemari dan dibudidayakan. Seiring dengan banyaknya usaha budidaya ikan Maskoki, maka semakin besar juga tantangan yang akan dihadapi oleh para pembudidaya ikan hias ini. Salah satu diantaranya adalah timbulnya serangan penyakit yang merupakan hasil interaksi tidak seimbang antara lingkungan, kondisi inang (ikan) dan patogen. Salah satu jenis patogen yang sering menyerang ikan adalah parasit. Jenis parasit yang menyerang ikan maskoki diantaranya adalah Lernaea cyprinacea. Parasit ini hidup pada air tawar dan dikenal dengan sebutan anchor worm karena bagian anteriornya berkembang seperti jangkar di bawah kulit ikan. Penyakit yang disebabkan oleh ektoparasit L. cyprinacea disebut lernaeosis. Ikan yang terserang L. cyprinacea timbul gejala klinis dan perubahan patologi. Ikan terlihat kurus, sering menggosokkan badan dan timbul luka di permukaan tubuh yang nantinya dapat menimbulkan infeksi sekunder. Berdasarkan kejadian lernaeosis di atas, maka perlu diteliti seberapa besar prevalensi dan intensitas ikan Maskoki (Carassius auratus) yang terserang L. cyprinacea di sentra budidaya ikan Maskoki kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi dan intensitas ikan Maskoki (Carassius auratus) yang terserang L. cyprinacea di sentra budidaya ikan Maskoki kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pemeriksaan parasit dilakukan di Laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya. Data hasil pemeriksaan serangan L. cyprinacea yang pada ikan Maskoki dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk gambar dan tabel. Nilai prevalensi ikan Maskoki (Carassius auratus) yang terinfestasi L. cyprinacea di Kabupaten Tulungagung sebesar 42,7% termasuk dalam kategori commonly atau parasit biasa menginfestasi ikan. Nilai intensitas ikan Maskoki (Carassius auratus) yang terserang L. cyprinacea di Kabupaten Tulungagung sebesar 1,8 parasit/ekor ikan termasuk dalam kategori infestasi ringan. Pengukuran kualitas air menunjukan suhu kolam pemeliharaan di desa Karang Rejo berkisar 28-30oC, desa Ploso Kandang 28-29oC, dan desa Wajak berkisar 30-31oC. Nilai kualitas air tersebut memungkinkan ikan Maskoki untuk tumbuh dengan sehat dan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 56-14 Isw p
Uncontrolled Keywords: FISHERIES
Subjects: Q Science
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
V Naval Science
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ISWARDIYANTOK, 140911110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKismiyati,, Dr. Ir., M.SiUNSPECIFIED
ContributorSri Subekti,, Prof. Dr. Hj. drh., DEUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 08 Sep 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26295
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item