PEMANFAATAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN PADA PAKAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) TERHADAP NILAI KECERNAAN PROTEIN DAN ENERGI

AJENG KUSUMAWARDHANI, 141011081 (2014) PEMANFAATAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata) SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN PADA PAKAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) TERHADAP NILAI KECERNAAN PROTEIN DAN ENERGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
KUSUMAWARDHANI, AJENG.pdf

Download (982kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang Vannamei merupakan salah satu komoditas unggulan menggantikan udang windu yang banyak terserang penyakit pada proses budidayanya. Peningkatan produksi udang vannamei dapat dilakukan dengan perbaikan mutu kualitas pakan. Pemilihan bahan-bahan pakan sangat mempengaruhi kualitas pakan. Tepung keong mas dengan kandungan protein sebesar 54%, dapat menggantikan tepung ikan sebagai bahan pakan alternatif. Kecernaan merupakan indikator dari kualitas pakan yang diberikan terhadap udang. Kecernaan suatu bahan pakan merupakan pencerminan dari tinggi rendahnya nilai manfaat dari bahan pakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung ikan oleh tepung keong mas pada pakan udang vannamei (Litopenaeus vannamei) terhadap nilai kecernaan protein dan energi. Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan yaitu P0 (pakan dengan kadar tepung keong mas 0%), P1 (pakan dengan kadar tepung keong mas 10%), P2 (pakan dengan kadar tepung keong mas 20% ) dan P3 (pakan dengan kadar tepung keong mas 30%) dengan ulangan sebanyak 5 kali. Metode pengukuran nilai kecernaan yang digunakan adalah metode tidak langsung dengan menggunakan indikator kecernaan berupa Cr2O3 sebanyak 0,5%. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Variabel yang diamati adalah kecernaan protein dan kecernaan energi. Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat bahwa pemanfaatan tepung keong mas sebagai substitusi tepung ikan pada pakan udang vannamei tidak terdapat perbedaan yang nyata (p>0,05) terhadap nilai kecernaan protein dan nilai kecernaan energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 60-14 Kus p
Uncontrolled Keywords: FISH FEED AND FEEDING
Subjects: R Medicine
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
AJENG KUSUMAWARDHANI, 141011081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorAnam Al Arif,, Dr. H. M. drh., M.PUNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 08 Sep 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26299
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item