GAMBARAN HISTOPATOLOGI KULIT DAN INSANG BENIH IKAN LELE (Clarias sp.) YANG TERINFEKSI Saprolegnia sp. DAN YANG TELAH DIOBATI DENGAN EKSTRAK DAUN SIRIH (Piper Betle L.)

ANDRIANA KUSUMA WARDHANI, 140911105 (2014) GAMBARAN HISTOPATOLOGI KULIT DAN INSANG BENIH IKAN LELE (Clarias sp.) YANG TERINFEKSI Saprolegnia sp. DAN YANG TELAH DIOBATI DENGAN EKSTRAK DAUN SIRIH (Piper Betle L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
WARDHANI, ANDRIANA KUSUMA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele menjadi salah satu komoditi hasil perikanan yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan, baik dari segi permintaan maupun harga jualnya. Salah satu penyakit yang umumnya menyerang ikan lele adalah penyakit saprolegniasis yang disebabkan oleh jamur Saprolegnia sp. Beberapa tumbuhan obat tradisional yang diketahui dapat dimanfaatkan dalam pengendalian berbagai agen penyebab penyakit ikan salah satunya adalah daun sirih (Piper betle L.). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran histopatologi insang dan kulit benih ikan lele (Clarias sp.) yang terinfeksi oleh Saprolegnia sp. dan yang telah diobati dengan ekstrak daun sirih (Piper betle L). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan perlakuan pemberian ekstrak daun sirih dengan dosis 3,2 %. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga Surabaya dan di Laboratorium Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga pada bulan Agustus 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi nekrosis pada bagian kulit benih ikan lele (Clarias sp.) yang terinfeksi Saprolegnia sp. Sedangkan pada perlakuan jaringan yang terinfeksi Saprolegnia sp. dan telah diobati dengan ekstrak daun sirih (Piper betle L) struktur jaringan kulit tetap pada kondisi normal karena Saprolegnia sp. tidak mampu menginfeksi jaringan kulit dan insang benih ikan lele (Clarias sp.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 63-14 War g
Uncontrolled Keywords: FISHES - HISTOPATHOLOGY
Subjects: R Medicine
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
ANDRIANA KUSUMA WARDHANI, 140911105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno,, Ir., M.Kes. danUNSPECIFIED
Thesis advisorRahayu Kusdarwati,, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 08 Sep 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 03:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item