IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN SALEM (Scomber japonicus) DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN MUARA ANGKE JAKARTA UTARA

RENGGA EKO PRADIPTA, 140911113 (2014) IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING PADA SALURAN PENCERNAAN IKAN SALEM (Scomber japonicus) DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN MUARA ANGKE JAKARTA UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
PRADIPTA, RENGGA EKO.pdf

Download (702kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingginya minat masyarakat akan ikan laut, mengakibatkan meningkatnya permintaan terhadap ikan salem (Scomber japonicus). Ikan salem merupakan salah satu komoditas impor yang memiliki nilai ekonomis dan nilai gizi yang cukup tinggi. Ikan salem tersebut didapatkan dari hasil impor Indonesia dari negara China. Akan tetapi, ikan impor dapat terinfeksi oleh penyakit akibat infeksi dari endoparasit yang disebabkan cacing. Parasit yang menginfeksi ikan salem kemungkinan disebabkan faktor lingkungan menurun sehingga menurunkan daya tahan tubuh, menyebabkan ikan mudah terinfeksi oleh cacing endoparasit seperti halnya Anisakis. Cacing tersebut bersifat zoonosis dan dapat menginfeksi manusia, oleh karena itu dilakukan identifikasi dan prevalensi agar manusia yang mengkonsumsi dapat mengelola ikan dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk identifikasi dan mengetahui prevalensi cacing apa saja yang menginfeksi ikan salem (Scomber japonicus) dari ikan impor yang dipasarkan di Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Angke, Jakarta Utara. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode survei melalui pengambilan sampel pada lokasi secara langsung. Sampel yang diperiksa sebanyak 60 sampel ikan salem. Parameter utama yang diamati adalah jenis cacing dan prevelensi cacing yang menginfeksi saluran pencernaan ikan salem. Data hasil identifikasi cacing yang menginfeksi ikan salem dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk gambar dan tabel. Hasil penelitian dari identifikasi ditemukan larva stadium tiga Anisakis simplex yang menginfeksi di bagian mukosa dan bagian lumen usus ikan salem, di Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Angke dengan total prevalensi cacing Anisakis simplex sebesar 70 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. PK. BP. 66-14 Pra i
Uncontrolled Keywords: HELMINTHS; FISHERIES
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
V Naval Science
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
RENGGA EKO PRADIPTA, 140911113UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Subekti,, Prof. Dr. Hj. DEA., DrhUNSPECIFIED
ContributorKismiyati,, Dr. Ir., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 04:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item