STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN Skeletonema sp. DAN Chaetoceros sp. SEBAGAI AGEN BIOREMEDIASI TERHADAP LOGAM BERAT MERKURI (Hg)

Rikky Leonard, 141011153 (2015) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN Skeletonema sp. DAN Chaetoceros sp. SEBAGAI AGEN BIOREMEDIASI TERHADAP LOGAM BERAT MERKURI (Hg). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
LEONARD, RIKKY.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Merkuri merupakan unsur kimia yang beracun. Logam berat ini berdampak racun bagi seluruh fungsi organ yang terdapat dalam tubuh walaupun hanya sejumlah kecil yang terserap oleh tubuh. Salah satu cara untuk mengantisipasi meningkatnya pencemaran logam berat dalam suatu perairan adalah dengan cara bioremediasi menggunakan diatom. Skeletonema sp. mengandung protein yang tersusun atas asam amino yang terdiri dari gugus fungsi COOH. Gugus fungsi ini dapat berikatan dengan ion hidrogen karena gugus ini bermuatan negatif dan reaktif untuk berikatan dengan merkuri yang memiliki muatan positif. Chaetoceros sp. memiliki kemampuan absorbsi karena adanya gugus fungsi yang terkandung pada dinding sel. Gugus fungsi tersebut adalah amino, karboksilat, fosfat, sulfidril, sulfat dan hidroksil. Pada dinding sel terdapat protein dan polisakarida yang dapat mengikat ion logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Skeletonema sp. dan Chaetoceros sp. dalam menyerap logam berat merkuri serta untuk mengetahui pengaruh logam berat merkuri terhadap pertumbuhan Skeletonema sp. dan Chaetoceros sp. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dengan lima ulangan. Konsentrasi logam berat merkuri yang digunakan adalah 0 ppm dan 0,06 ppm. Parameter utama dalam penelitian ini adalah kandungan logam berat merkuri yang masih tersisa dalam air laut pada botol perlakuan dan kepadatan diatom yang dilakukan setiap hari selama tujuh hari. Parameter pendukung dalam penelitian ini adalah kualitas air medium kultur. Pengujian kandungan merkuri yang terkandung di dalam air media dengan Atomic Absorption Spectrometry (AAS) Perkin Elmer 3110 di Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Skeletonema sp. mampu menyerap logam berat merkuri dengan persentase 95,896%. Chaetoceros sp. dapat menyerap logam berat merkuri dengan persentase 99,526%. Logam berat merkuri mempengaruhi pertumbuhan Skeletonema sp. dan Chaetoceros sp. Skeletonema sp. dan Chaetoceros sp. dapat disarankan untuk digunakan dalam bioremediasi pada air yang tercemar logam berat merkuri. Diperlukan penelitian lebih lanjut tentang bioremediasi oleh Skeletonema sp. dan Chaetoceros sp. untuk jenis logam berat lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 71-14 Leo s
Uncontrolled Keywords: MERCURY
Subjects: Q Science
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
Rikky Leonard, 141011153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dewi Masithah,, Dr. Ir. M.P.UNSPECIFIED
ContributorWahju Tjahjaningsih,, Ir.,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 07 Jan 2015 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 05:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26310
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item