STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN Skeletonema sp. DAN Chaetoceros sp. SEBAGAI AGEN BIOREMEDIASI (FITO-AKUMULASI) TERHADAP LOGAM BERAT TIMBAL (Pb)

DITA WISUDYAWATI, 141011052 (2015) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN Skeletonema sp. DAN Chaetoceros sp. SEBAGAI AGEN BIOREMEDIASI (FITO-AKUMULASI) TERHADAP LOGAM BERAT TIMBAL (Pb). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
WISUDYAWATI, DITA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Logam berat adalah jenis bahan pencemar yang berbahaya, bersifat toksik dan dapat mengakibatkan kondisi lingkungan menjadi buruk serta berpengaruh pada sumberdaya hayati perairan karena sifat logam berat yang akumulatif pada tubuh biota. Adanya fenomena alam misalnya erosi dan banjir, atau akibat perbuatan manusia seperti pembuangan limbah ke perairan, dapat mempengaruhi konsentrasi terlarut bahan-bahan tertentu seperti logam berat timbal. Logam berat berbahaya terhadap organisme dan kesehatan manusia. Salah satu upaya mengatasi pencemaran logam berat timbal di perairan adalah bioremediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan Skeletonema sp. dan Chaetoceros sp. sebagai agen bioremediasi terhadap logam berat timbal (Pb). Metode penelitian adalah penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah A (Skeletonema sp. 0 ppm), B (Chaetoceros sp. 0 ppm), C (Skeletonema sp. 0,9 ppm) dan D (Chaetoceros sp. 0,9 ppm) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter utama yang diamati adalah kandungan logam berat timbal (Pb) pada media kultur dan kepadatan fitoplankton. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air yang terdiri dari suhu, salinitas, pH dan DO (dissolved oxygen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Skeletonema sp. dan Chaetoceros sp. memiliki kemampuan menyerap logam berat timbal (Pb) sehingga dapat digunakan sebagai agen bioremediasi terhadap logam berat timbal (Pb). Kemampuan Skeletonema sp. lebih tinggi (96%) dari pada Chaetoceros sp. (38%). Perlakuan timbal (Pb) dengan konsentrasi 0,9 ppm dapat menurunkan pertumbuhan Skeletonema sp. dan Chaetoceros sp. Kualitas air selama penelitian adalah suhu 28 – 330C, salinitas 24 – 35 ppt, pH 8 – 9 dan DO 5 mg/L.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 74-14 Wis s
Uncontrolled Keywords: LEAD; BIOREMEDIATION
Subjects: Q Science
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
DITA WISUDYAWATI, 141011052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dewi Masithah,, Dr. Ir., MP.UNSPECIFIED
ContributorMochammad Amin Alamsjah, IrUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 07 Jan 2015 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26313
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item