PEMANFAATAN LIMBAH PADAT SURIMI BEKU IKAN SWANGGI (Priacanthus macracanthus) SECARA BIOLOGI TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PAKAN IKAN

MAYA MARERA, 141011158 (2015) PEMANFAATAN LIMBAH PADAT SURIMI BEKU IKAN SWANGGI (Priacanthus macracanthus) SECARA BIOLOGI TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PAKAN IKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
MARERA, MAYA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan budidaya ikan adalah penyediaan pakan, namun penyediaan pakan sering menjadi kendala karena biaya yang tinggi. Alternatif pemecahan masalah tersebut adalah membuat sendiri pakan ikan dengan bahan baku yang mudah diperoleh, murah, bergizi tinggi dan bukan merupakan bahan primer yang dibutuhkan manusia yaitu dengan memanfaatkan limbah surimi beku ikan swanggi. Salah satu usaha untuk pengolahan limbah tersebut yaitu melalui proses biologi dengan cara penambahan probiotik. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan terdiri atas penambahan probiotik sebanyak 0% (P0), 3% (P1), 6% (P2), dan 9% (P3) dengan masing-masing ulangan empat kali. Parameter yang diamati adalah kandungan nutrisi selama tujuh hari. Data dianalisis dengan Analysis of Variance (ANAVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik digunakan Uji Jarak Berganda Duncan dengan selang kepercayaan 95%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penambahan probiotik dengan dosis yang berbeda pada limbah surimi beku ikan swanggi menghasilkan kandungan nutrisi pakan yang berbeda sangat nyata (p<0,01). Kandungan nutrisi terbaik terdapat pada perlakuan P3 dengan kandungan bahan kering (88,7230%), protein kasar (51,6414%), serat kasar (6,1924%), lemak kasar (8,9548%) dan abu sebesar (26,8093%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 78-14 Mar p
Uncontrolled Keywords: FISHES � FEEDING; FISHES � FOOD; FEED UTILIZATION EFFICIENCY
Subjects: R Medicine
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
MAYA MARERA, 141011158UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuhammad Arief, Ir, M. Kes danUNSPECIFIED
ContributorMirni Lamid,, Dr. drh,MPUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 07 Jan 2015 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 05:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26317
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item