PENGARUH EKSTRAK ALGA MERAH Kappaphycus alvarezii TERHADAP NILAI TOTAL BAKTERI dan NILAI ORGANOLEPTIK IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

AIDA RUDYNT SUKMAWATI, 141011098 (2014) PENGARUH EKSTRAK ALGA MERAH Kappaphycus alvarezii TERHADAP NILAI TOTAL BAKTERI dan NILAI ORGANOLEPTIK IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
26324.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan merupakan komoditas yang mudah rusak atau perishable food, sehingga perlu penanganan baik yang tidak merubah kualitas ikan, mulai dari tempat penangkapan hingga lokasi penjualan atau pengolahan. Perubahan kualitas atau kemunduran mutu ikan disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme pembusuk. Aktivitas antibakteri yang dimiliki oleh rumput laut dapat digunakan untuk penghambat pertumbuhan bakteri pembusuk pada ikan, sehingga kualitas ikan akan tetap baik. Senyawa bioaktif yang bersifat antibakteri tersebut dapat ditemukan pada rumput laut merah yaitu Kappaphycus alvarezii. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak alga merah (K. alvarezii) terhadap nilai total bakteri dan nilai organoleptik serta interaksi atau keterkaitan antara kedua pada ikan nila (Oreochromis niloticus). Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari faktor konsentrasi ekstrak K. alvarezii dan lama perendaman dengan ulangan tiga. Konsentrasi ekstrak K. alvarezii terdiri dari empat perlakuan yaitu 0 ppm, 250 ppm, 500 ppm dan 1000 ppm. Lama perendaman yang digunakan tiga puluh menit dan satu jam. Parameter utama yang diamati adalah nilai total bakteri dan nilai organoleptik. Parameter penunjang yang dimatai adalah nilai pH. Analisis data menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian meunjukkan bahwa ekstrak K. alvarezii berpengaruh terhadap nilai Total Plate Count dan nilai organoleptik ikan nila (O. niloticus). Penggunaan ekstrak K. alvarezii dengan konsentrasi 500 ppm dan lama perendaman 60 menit menghasilkan interaksi yang berpengaruh terhadap nilai total bakteri dan nilai organoleptik pada ikan nila (O. niloticus). Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui efektifitas ekstrak K. alvarezii dalam mengawetkan ikan serta menentukan nilai Total Volatille Base (TVB), nilai Trimetil Amin (TMA), kemampuan mengikat air, ketengikan oksidatif dan analisis proksimat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 85-14 Suk p
Uncontrolled Keywords: ALGAE; OREOCHROMIS PILOTICUS
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AIDA RUDYNT SUKMAWATI, 141011098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWahju Tjahjaningsih,, Ir., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorMochammad Amin Alamsjah, Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 08 Jan 2015 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26324
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item