PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRASI PUPUK DAUN TURI PUTIH (Sesbania grandiflora) TERHADAP KANDUNGAN KLOROFIL dan KAROTENOID PADA Chlorella sp.

RETNO AMRIH UTAMI, 140911014 (2014) PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRASI PUPUK DAUN TURI PUTIH (Sesbania grandiflora) TERHADAP KANDUNGAN KLOROFIL dan KAROTENOID PADA Chlorella sp. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
UTAMI, RETNO A.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Chlorella sp. merupakan salah satu pakan alami yang cukup baik untuk ikan. Organisme ini adalah sumber makanan yang populer pada kultur rotifer, kerang, dan larva udang. Komposisi nutrisi Chlorella sp. berdasarkan berat kering (%) adalah sebagai berikut protein (51-58%), karbohidrat (12-17%), lemak (14-22%), mineral (5-10%). Chlorella sp adalah salah satu mikroalga yang telah diketahui memiliki potensi untuk dimanfaatkan kandungan nutrisinya, salah satu diantaranya adalah klorofildan karoten yang digunakan dalam bidang kesehatan karena memiliki daya antioksidan yang kuat. Chlorella sp. juga memiliki pigmen klorofil sehingga dapat melakukan fotosintesis serta pigmen karotenoid yang dapat berperan dalam proses fotosintesis. Kandungan nutrisi dan pigmen dari mikroalaga berkaitan erat dengan pertumbuhan sel. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sel adalah faktor lingkungan dan ketersediaan nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perbedaan pemberian pupuk Sesbania grandiflora terhadap kandungan klorofil dan karotenoid Chlorella sp. dan konsentrasi optimal pupuk Sesbania grandiflora yang menghasilkan kandungan klorofil dan karotenoid tertinggi pada Chlorella sp. Metode Penelitian ini adalah metode eksperimental. Penelitian dilakukan di Laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga selama 8 hari. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan analisis yang menggunakan analisis deskriptif. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chiorella sp. yang dikultur pada medium 1L dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Konsentrasi pupuk Sesbania grandiflora yang diberikan pada penelitian yaitu A ( 1 mL/ L), B (2 mL/L), C (3 mL/L)dan K (kontrol walne 1 mL/L). Parameter yang diukur dalam penelitian terdiri dari parameter utama dan pendukung. Parameter utama yang diamati adalah kandungan klorofil dan karotenoid Chlorella sp. Parameter penunjang meliputi populasi Sesbania grandiflora dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan penambahan konsentrasi pupuk Sesbania grandiflora sebanyak 2 mL/L menghasilkan klorofil tertinggi yaitu 0.62808 μg/mL pada hari ketiga dan karotenoid tertinggi 0.2628 μg/mL pada hari ke-delapan Sedangkan konsentrasi untuk pertumbuhan terbaik terdapat pada perlakuan B( 2 mL/L) sebanyak 1.682x107 sel/mL. Puncak populasi tertinggi pada hari ketuju. Hasil pengukuran kualitas air selama penelitian yaitu suhu air berkisar antara 30-33oC, pengukuran salinitas pada media kultur Chlorella sp. berkisar antara 30-40 ppt dan pH berkisar 7-8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 86-14 Uta p
Uncontrolled Keywords: SESBANIA GRANDIFLORA; CAROTENOID
Subjects: Q Science
Q Science > QK Botany
S Agriculture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
RETNO AMRIH UTAMI, 140911014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Dewi Masithah,, Dr. Ir. M.P.UNSPECIFIED
ContributorSudarno,, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 08 Jan 2015 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 07:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26325
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item