PENGARUH KOMBINASI CACING TANAH (Lumbricus rubellus) DENGAN PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RETENSI LEMAK DAN ENERGI PADA BELUT SAWAH (Monopterus albus) YANG DIPELIHARA SECARA SISTEM RESIRKULASI

ULLY TRIA PAMUNGKASARI, 141011053 (2014) PENGARUH KOMBINASI CACING TANAH (Lumbricus rubellus) DENGAN PAKAN KOMERSIAL TERHADAP RETENSI LEMAK DAN ENERGI PADA BELUT SAWAH (Monopterus albus) YANG DIPELIHARA SECARA SISTEM RESIRKULASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
PAMUNGKASARI, ULLY TRIA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Belut sawah (Monopterus albus) merupakan komoditas perikanan Indonesia yang kebutuhan pasarnya meningkat. Ketersediaan belut masih kurang mencukupi untuk kebutuhan konsumen karena belut sawah masih belum dibudidayakan, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhannya secara terus menerus setiap harinya. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi belut sawah yang dibudidayakan dengan pemberian pakan yang bermutu dengan jumlah yang optimal. Kegiatan budidaya belut sawah dapat menggunakan lumpur sebagai media hidup namun cenderung lebih sulit dalam mengontrol pertumbuhan. Maka dari itu diperlukan media lain yang lebih efisien yaitu berupa sistem resirkulasi. Kendala yang dihadapi pembudidaya belut sawah saat ini adalah tingginya harga pakan alami yang mengakibatkan keuntungan yang diperoleh para pembudidaya khususnya petani belut sawah semakin rendah. Upaya pemenuhan kebutuhan protein dengan pakan alami relatif lebih mahal sehingga dikombinasikan dengan menggunakan pakan komersial. Penelitian tentang penggunaan kombinasi cacing tanah menggunakan pakan komersial yang dijadikan pasta perlu dilakukan untuk mengetahui responnya terhadap retensi lemak dan retensi energi. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh kombinasi cacing tanah menggunakan pakan komersial terhadap retensi lemak dan retensi energi pada belut sawah (M. albus) yang dipelihara secara sistem resirkulasi. Penelitian ini akan dilaksanakan di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universita Airlangga. Kegiatan penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April-Mei 2014. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan ANOVA. Apabila menunjukkan adanya perbedaan maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah akuarium berukuran (30×20×20) cm sebanyak 20 buah, selang, filter air, baskom, kain lap, kantong plastik hitam, timbangan digital, penggaris, thermometer, pH paper, DO test-kit, amoniak test-kit, belut sawah (M. albus) dengan berat 6-8 gram/ekor sebanyak 200 panjang tubuh ±15cm, air tawar, cacing tanah, pakan komersial dan tepung tapioka. Hasil analisis varian (ANOVA) menunjukkan bahwa hasil perlakuan P1 (9,04%), P2 (9,33%), P3 (9,13%) dan P4 (25,40%) berbeda nyata dengan perlakuan P0 (7,04%). Pada hasil retensi energi menunjukkan bahwa perlakuan P3 (8,58%) berbeda nyata dengan P4 (11,01%), P2 (13,90%), P0 (15,01%) dan P1(17,90%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 89-14 Pam p
Uncontrolled Keywords: LUMBRICUS RUBELLUS; MONOPTERUS ALBUS; RECIRCULATION SYSTEM
Subjects: Q Science
Q Science > QL Zoology
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ULLY TRIA PAMUNGKASARI, 141011053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuhammad Arief,, Ir., M.Kes. danUNSPECIFIED
ContributorWidya Paramita Lokapirnasari, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 08 Jan 2015 12:00
Last Modified: 24 Sep 2016 07:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26328
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item