ISOLASI DAN IDENTIFIKASI FUNGI PADA IKAN MASKOKI (Carassius auratus) DI BURSA IKAN HIAS GUNUNG SARI SURABAYA, JAWA TIMUR

AMALIA HAPSARI, 141011059 (2014) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI FUNGI PADA IKAN MASKOKI (Carassius auratus) DI BURSA IKAN HIAS GUNUNG SARI SURABAYA, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
HAPSARI, AMALIA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan maskoki (Carassius auratus) merupakan ikan hias air tawar yang banyak ditemukan di Indonesia salah satunya daerah Jawa Timur. Ikan Maskoki memiliki beberapa keunggulan diantaranya dapat dijadikan ikan hias yang jinak, dan memiliki warna yang indah dan bentuk tubuh unik. Salah satu penyakit yang berbahaya bagi kegiatan budidaya adalah fungi. Mendefinisikan penyakit sebagai suatu keadaan atau sakit yang disebabkan oleh organisme patogen, yaitu parasit, virus, bakteri, dan fungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis fungi yang menginfeksi ikan Maskoki di Bursa Ikan Hias Gunung Sari Surabaya, Jawa Timur. Metode penelitian ini adalah survey. Parameter utama yang diamati dalam penelitian ini adalah jenis fungi yang menginfeksi ikan maskoki di Bursa Ikan Hias Gunung Sari Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan sebagai parameter temperatur, amonia, dan Oksigen terlarut yang diukur selama kegiatan pengambilan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 sampel ikan yang diambil dari 6 lokasi, 11 ekor ikan positif terinfeksi fungi. Fungi tersebut adalah Aspergillus flavus, Aspergillus niger, Penicillium glabrum, Saprolegnia. Perlu dilakukan penelitian mengenai tingkat patogenitas dari masing-masing spesies fungi sehingga diperoleh data yang dapat digunakan untuk melakukan pencegahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 110-14 Hap i
Uncontrolled Keywords: FUNGI; CARASSIUS AURATUS
Subjects: Q Science
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AMALIA HAPSARI, 141011059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRahayu Kusdarwati,, Ir., M.KesUNSPECIFIED
ContributorSudarno,, Ir. M,Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 12 Jan 2015 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 08:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26342
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item