PEMBERIAN ENZIM DENGAN DOSIS YANG BERBEDA PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR, DAN LEMAK KASAR

KHASBULLAH NURWAHID, 060810036P (2014) PEMBERIAN ENZIM DENGAN DOSIS YANG BERBEDA PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR, DAN LEMAK KASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
NURWAHID, K.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha budidaya ikan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan pakan yang cukup, baik dalam jumlah dan kualitasnya untuk mendukung pertumbuhan yang maksimal. Faktor pakan menempati 60-70% dari total produksi dalam usaha budidaya ikan (Murhananto, 2002; Rasidi, 2002; Afrianto dan Liviawaty, 2005), sehingga perlu pengolahan yang efektif dan efisien. Kandungan gizi pakan komersial sudah ditentukan dan kebanyakan kurang, terutama kadar protein yang diperlukan ikan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kandungan protein kasarnya adalah fermentasi. Enzim adalah protein yang berfungsi sebagai katalisator, senyawa yang meningkatkan kecepatan reaksi kimia (Marks dkk, 2000). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca dan pembudidaya ikan bahwa pemberian enzim dengan dosis yang berbeda pada pakan komersial berpengaruh terhadap kandungan bahan kering, protein kasar, dan lemak kasar. Tempat penelitian dilakukan di Laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Analisis proksimat dilakukan di Departemen Peternakan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah kontrol (P0), pemberian Enzim 2,5% (P1), pemberian Enzim 5% (P2), pemberian Enzim 7,5% (P3) dengan masing-masing ulangan 5 kali. Parameter yang diamati adalah kandungan bahan kering, protein kasar, dan lemak kasar setelah fermentasi selama 5 jam. Data tentang kandungan bahan kering, protein kasar, dan lemak kasar yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan Analisis Varian untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Perbedaan antar perlakuan diuji menggunakan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian enzim pada pakan komersial memberikan perbedaan yang sangat nyata terhadap peningkatan kandungan protein kasar. Perlakuan P1 dengan pemberian enzim 2,5% adalah perlakuan terbaik dengan rata-rata kandungan lemak kasar 11,2556%. Perlakuan P1 dengan pemberian enzim 2,5% adalah perlakuan terbaik dengan rata-rata kandungan bahan kering 91,1458%. Untuk meningkatkan kandungan protein kasar, bahan kering dan menurunkan lemak kasar pada pakan komersial dapat digunakan enzim dengan dosis 2,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 116-14 Nur p
Uncontrolled Keywords: FISHES - FEEDING AND FEEDS
Subjects: Q Science
R Medicine
S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
KHASBULLAH NURWAHID, 060810036PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuhammad Arief,, Ir. M. Kes.UNSPECIFIED
ContributorWidya Paramita L.,, Dr. drh. MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 13 Jan 2015 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26348
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item