PENGARUH PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS FITOPLANKTON DALAM GREEN WATER SYSTEM TERHADAP TINGKAH LAKU DAN LAMA HIDUP TERIPANG LOKAL (Phyllophorus sp.) SELAMA MASA ADAPTASI

GANTRI GERTA, 141011021 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS FITOPLANKTON DALAM GREEN WATER SYSTEM TERHADAP TINGKAH LAKU DAN LAMA HIDUP TERIPANG LOKAL (Phyllophorus sp.) SELAMA MASA ADAPTASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
GERTA, GANTRI.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teripang lokal atau Phyllophorus sp. merupakan salah satu komoditas unggulan yang diekspor secara kontinyu ke Taiwan dan Hongkong, selain itu Phyllophorus sp. berpotensi sebagai imunomodulator terhadap Mycobacterium tuberculosis. Upaya budidaya perlu dilakuan untuk memenuhi permintaan Phylloporus sp. baik di luar negeri maupun dalam negeri. Sebelum dilakukan budidaya Phylloporus sp. perlu diadaptasikan dari lingkungan alam ke lingkungan buatan. Adaptasi Phylloporus sp. memerlukan berbagai optimasi salah satunya adalah optimasi kualitas air yang menunjang kehidupan Phylloporus sp. Green water system dalam upaya adaptasi Phyllophorus sp. menggunakan tiga jenis fitoplankton yaitu Chlorella sp., Spirulina sp., dan Chaetoceros sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan jenis fitoplankton yang berbeda dalam green water system berpengaruh terhadap tingkah laku dan lama hidup teripang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah adaptasi teripang tanpa menggunakan fitoplankton, green water system dengan Chlorella sp., green water system dengan Spirulina sp. dan green water system dengan Chaetoceros sp. masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter utama yang diamati adalah tingkah laku teripang yang terdiri dari tingkah laku pembenaman diri, keluar tentakel, evicerasi dan lama hidup teripang. Parameter penunjang yang diamati adalah suhu, pH, salinitas, DO, amonia dan kepadatan fitoplankton. Analisis data tingkah laku menggunakan metode deskriptif dan Analisis Ragam Varian (ANOVA), analisis lama hidup menggunakan metode deskriptif dan analisis survival rate (SR) menggunakan Analisis Ragam Varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian secara statistik menunjukkan perbedaan jenis fitoplankton dalam green water system tidak berpengaruh terhadap tingkah laku Phylloporus sp. selama masa adaptasi, tetapi terdapat kecenderungan bahwa penggunaan Spirulina sp. menghasilkan kualitas air yang lebih mendukung sehingga tingkah laku stres dapat ditekan. Lama hidup dan tingkat kelulushidupan paling baik yaitu green water system dengan Spirulina sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 117-14 Ger p
Uncontrolled Keywords: PHYTOPLANKTON; PHYLLOPHORUS SP.
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
GANTRI GERTA, 141011021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Dewi Masithah,, Dr. Ir., MP.UNSPECIFIED
ContributorJuni Triastuti,, Dr. Rr. SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 13 Jan 2015 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 08:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26349
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item