STUDI IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING ENDOPARASIT PADA IKAN LAYUR (Trichiurus savala) DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

DHANIK RAHMAWATI, 141011126 (2014) STUDI IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI CACING ENDOPARASIT PADA IKAN LAYUR (Trichiurus savala) DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
RAHMAWATI, DHANIK.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi produksi ikan layur cukup besar di wilayah pulau Jawa, salah satu nya di TPI Brondong. Ikan layur (Trichiurus savala) merupakan salah satu jenis ikan air laut yang memiliki nilai ekonomis penting. Ikan layur merupakan jenis ikan laut yang tidak pernah lepas dari ancaman berbagai jenis penyakit dan salah satu penyebab timbulnya penyakit adalah parasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan prevalensi cacing endoparasit yang menginfeksi ikan layur (Trichiurus savala) di TPI Brondong. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pengambilan sampel yang dilakukan secara acak (random sampling) di TPI Brondong, Kabupaten Lamongan. Pengambilan sampel dilakukan tiga kali pengambilan dalam kurun waktu masing-masing 10 hari sebanyak 25 ekor, sehingga total ikan yang akan diperiksa sebanyak 75 ekor. Sampel diperiksa, pengambilan saluran pencernaan, dilakukan pewarnaan cacing dan identifikasi cacing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 75 sampel yang diambil, 45 sampel positif terinfeksi cacing dari kelas Nematoda dengan nilai prevalensi 60% (frequently). Dari 38 ikan positif terinfeksi larva stadium tiga Anisakis simplex dan 7 ikan positif terinfeksi cacing dewasa Camallanus spinosus. Dengan ditemukannya larva stadium tiga Anisakis simplex diperlukan pengolahan yang baik dan benar sebelum ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia karena bersifat zoonosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. PK. BP. 118-14 Rah s
Uncontrolled Keywords: ENDOPARASITES; WORM; TRICHIURUS SAVALA
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DHANIK RAHMAWATI, 141011126UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Subekti,, Prof. Dr. drh., DEA.UNSPECIFIED
ContributorSudarno,, Ir., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 13 Jan 2015 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 08:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26350
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item