DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum L.) TERHADAP BAKTERI Streptococcus iniae SECARA IN VITRO

SINCHIA AYU YUHANA, 060710302 P (2013) DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum L.) TERHADAP BAKTERI Streptococcus iniae SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Streptococcus iniae merupakan bakteri patogen penyebab streptococcosis pada budidaya ikan nila di Indonesia dan spesies lainnya di seluruh dunia. Streptococcosis dapat menyebabkan kematian lebih dari 50% populasi dalam tiga hingga tujuh hari setelah terinfeksi. Upaya untuk pengobatan penyakit ini yaitu menggunakan antibiotika, namun cara ini menimbulkan efek negatif pada lingkungan, resistensi bakteri patogen, dan residu antibiotika. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan alternatif antibakteri dari bahan alam untuk pengobatan penyakit ini. Salah satu bahan alam yang bersifat antibakteri adalah ekstrak daun kemangi (Ocimum sanctum L.) Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan aktivitas antibakteri dari ekstrak daun kemangi (O. sanctum L.) terhadap S. iniae secara in vitro. Perlakuan yang digunakan adalah P0 (kontrol), P1 (1,56%), P2 (3,125%), P3 (6,25%), P4 (12,5%), P5 (25%), dan P6 (50%) masing-masing diulang 3 kali. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan bakteri pada media kultur. Hasil MIC (konsentrasi pengenceran terendah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri) dilihat dari kekeruhan media perlakuan dan hasil MBC (konsentrasi pengenceran terendah yang dapat membunuh bakteri) dilihat dari pertumbuhan koloni bakteri pada media TSA. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi (O. sanctum L.) tidak dapat menghambat pertumbuhan maupun membunuh S. iniae secara in vitro. Oleh karena itu, ekstrak daun kemangi disarankan untuk tidak digunakan sebagai pengobatan streptococcosis pada ikan dan perlu dilakukan metode ekstraksi bertingkat dalam proses ekstraksi tumbuhan hijau untuk mendapatkan hasil ekstrak murni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 49/12 Yuh d
Uncontrolled Keywords: BASIL LEAVES EXTRACT
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
SINCHIA AYU YUHANA, 060710302 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRahayu Kusdarwati,, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 22 Jan 2013 12:00
Last Modified: 11 Aug 2016 08:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item