KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR TEPUNG DAUN TALAS (Colocasia esculenta (L) Schott) YANG DIFERMENTASI DENGAN PROBIOTIK SEBAGAI BAHAN PAKAN ALTERNATIF

ENY OCTAVIA, 060510246p (2011) KANDUNGAN PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR TEPUNG DAUN TALAS (Colocasia esculenta (L) Schott) YANG DIFERMENTASI DENGAN PROBIOTIK SEBAGAI BAHAN PAKAN ALTERNATIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-enyoctavia-21501-pkbp08-k.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-enyoctavia-18401-pkbp08-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pakan adalah salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan. Penyediaan pakan yang berkualitas baik dan kuantitas yang cukup merupakan hal yang sangat penting dalam budidaya ikan. Penyediaan pakan seringkali terkendala oleh harga bahan pakan yang tinggi hingga 70%-80% dari biaya produksi. Salah satu bahan pakan alternatif yang dapat dimanfaatkan adalah daun talas. Fermentasi dengan probiotik diharapkan dapat meningkatkan kandungan protein kasar dan menurunkan kandungan serat kasar pada daun talas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan dosis probiotik terhadap kandungan protein kasar dan serat kasar tepung daun talas yang difermentasi dan untuk mengetahui peningkatan kandungan protein kasar dan penurunan kandungan serat kasar pada tepung daun talas yang difermentasi dengan probiotik sehingga dapat digunakan sebagai bahan pakan alternatif. Data penelitian dianalisis dengan ANOVA (Analyses of Variance), apabila berbeda nyata dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (Duncan’s Multiple Range) pada tingkat 95 %. Perlakuan yang digunakan adalah dosis probiotik yang berbeda P0 (0%), P1 (2%), P2 (4%), P3 (6%) dan P4 (8%) dengan masing-masing ulangan sebanyak 4 kali. Parameter yang diamati adalah kandungan protein kasar dan serat kasar tepung daun talas yang difermentasi dengan probiotik selama 7 hari dalam kondisi aerob. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis probiotik yang berbeda pada tepung daun talas yang difermentasi menyebabkan perbedaan nilai kandungan protein kasar dan kandungan serat kasar yang signifikan, terjadi peningkatan kandungan protein kasar menjadi 27,0159% pada tepung daun talas yang difermentasi probiotik dengan dosis 6% dan terjadi penurunan kandungan serat kasar menjadi 17,6440% pada tepung daun talas yang difermentasi probiotik dengan dosis 8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 08 11 Oct k
Uncontrolled Keywords: Fish feed
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ENY OCTAVIA, 060510246pUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMuhammad Arief,, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 18 Jan 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26393
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item