PENGARUH PEMBERIAN JENIS PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP TINGKAT KELULUSHIDUPAN DAN PERTUMBUHAN IKAN SILIH (Macrognathus aculeatus)

ANDI TRI RUSFIANTO, 060510236p (2012) PENGARUH PEMBERIAN JENIS PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP TINGKAT KELULUSHIDUPAN DAN PERTUMBUHAN IKAN SILIH (Macrognathus aculeatus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-anditrirus-21539-pkbp16-k.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-anditrirus-18411-pkbp16-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan silih merupakan ikan asli perairan Asia Tenggara dan India yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, baik sebagai ikan konsumsi maupun ikan hias. Harga ikan silih untuk konsumsi (menurut hasil survei di daerah Lamongan pada bulan Agustus 2009) berkisar antara Rp. 90.000,- hingga Rp. 150.000,- per kilogram, sedangkan untuk ikan hias (menurut hasil survei di para pedagang ikan hias Surabaya) berukuran panjang 10 cm - 15 cm berkisar antara Rp. 3.000,- hingga Rp. 4.000,- per ekor. Produksi ikan silih masih mengandalkan hasil penangkapan di alam. Oleh sebab itu, maka perlu dilakukan upaya domestikasi sebagai langkah untuk menjaga kelestarian ikan silih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai jenis pakan alami terhadap tingkat kelulushidupan dan pertumbuhan dari ikan silih (Macrognathus aculeatus). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) lima ulangan dan empat perlakuan. Perlakuan yang digunakan adalah : Tubifex spp. (A), larva Chironomus sp. (B), Lumbricus rubellus (C) dan Daphnia spp. (D). Parameter utama yang diamati adalah tingkat kelulushidupan dan pertumbuhan. Parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air dan FCR (Feed Conversion Ratio). Analisis data menggunakan Analisis of Varian (Anova) dan jika terdapat perbedaan dalam perlakuan, maka menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian berbagai jenis pakan alami yang berbeda memberikan pengaruh berbeda nyata (p<0,05) terhadap tingkat kelulushidupan, laju pertumbuhan berat spesifik dan pertumbuhan panjang ikan silih. Berdasarkan hasil Uji Jarak Berganda Duncan, tingkat kelulushidupan tertinggi di dapat pada perlakuan Tubifex spp. (A), larva Chironomus sp. (B) dan Lumbricus rubellus (C) sedangkan terendah didapat pada perlakuan Daphnia spp. (D). Laju pertumbuhan berat spesifik tertinggi didapat pada perlakuan Tubifex spp. (A) dan terendah di dapat pada perlakuan Daphnia spp. Pertumbuhan panjang tertinggi di dapat pada perlakuan A (Tubifex spp.) dan terendah di dapat pada perlakuan D (Daphnia spp.). Pemberian pakan alami Tubifex spp., larva Chironomus sp., Lumbricus rubellus dan Daphnia spp. memberikan pengaruh berbeda terhadap tingkat kelulushidupan, laju pertumbuhan spesifik dan pertumbuhan panjang ikan silih. Budidaya terhadap ikan silih, pemberian pakan alami Tubifex spp. sangat dianjurkan untuk mendapatkan pertumbuhan yang terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 16/11 Rus p
Uncontrolled Keywords: Fishes-feed and feeding
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
ANDI TRI RUSFIANTO, 060510236pUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAkhmad Taufiq Mukti,, S.Pi, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 18 Jan 2012 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 02:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26401
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item