PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI GARAM (NaCl) TERHADAP LAMA WAKTU OVIPOSISI A. japonicus.

PUTERI MAHARANI, 060610242 p (2012) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI GARAM (NaCl) TERHADAP LAMA WAKTU OVIPOSISI A. japonicus. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak garam.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-maharanipu-18429-pkbp31-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Parasit adalah organisme yang hidupnya dapat menyesuaikan diri dengan inang, sangat bergantung pada inang sebagai habitat dan pemberi pakan sehingga merugikan inang (Noble and Noble,1989). Menurut Kabata (1985) parasit dapat dibagi menjadi 2 kelompok yang berbeda yaitu ektoparasit dan endoparasit, menurut letak organ yang diserang oleh parasit. Ektoparasit adalah parasit yang melekat pada bagian permukaaan tubuh, A. japonicus adalah jenis ektoparasit yang menyerang ikan air tawar. A. japonicus menyerang pada sirip, kulit, insang dan seluruh permukaan tubuh inangnya, sedangkan endoparasit adalah parasit yang hidup di dalam tubuh inang. Serangan parasit ini akan menghisap darah tetapi tidak menimbulkan kematian pada ikan. Ikan yang terserang akan terjadi perdarahan pada kulit luka bekas alat pengisap ini. Pada tempat tersebut merupakan bagian yang mudah diserang oleh bakteri atau jamur serta ikan yang terserang akan menurun pertumbuhannya. Infeksi sekunder inilah yang dapat menyebabkan kematian ikan secara masal (Daelami, 2001). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimental. Penelitian eksperimental pada dasarnya adalah ingin menguji hubungan antara suatu sebab dengan akibat (Silalahi, 2003). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan konsentrasi garam (NaCl) terhadap lama waktu oviposisi A.japonicus serta untuk mengetahui konsentrasi terbaik yang dapat memperpanjang lama waktu oviposisi. Penelitian dilakukan di Laboratorium Pendidikan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, dan Laboratorium Parasit Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga pada bulan September - November 2010. Hasil penelitian menunjukkan lama waktu oviposisi A. japonicus terhadap perlakuan konsentrasi garam (NaCl) yang berbeda, rerata waktu oviposisi terlama terdapat pada perlakuan E (3,8638), diikuti dengan perlakuan D (2,8069), C (2,0385), B (1,2326) dan perlakuan A sebagai kontrol (1,0749). Hasil analisis statistik (ANAVA) menunjukan bahwa terdapat pengaruh perbedaan konsentrasi garam (NaCl) terhadap lama waktu oviposisi A. japonicus. Uji Jarak Berganda Duncan (Duncan Multiple Range Test) dengan p<0,05 untuk mengetahui tingkat perbedaan dari masing-masing perlakuan menunjukkan bahwa perlakuan E merupakan perlakuan yang mempunyai nilai tertinggi yang mana hasilnya tidak berbeda nyata dengan perlakuan D. Sedangkan perlakuan dengan nilai terendah adalah perlakuan A yang tidak berbeda nyata dengan perlakuan B dan C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kkc kk pk bp 31/11 Mah p
Uncontrolled Keywords: NaCl; parasite
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
PUTERI MAHARANI, 060610242 pUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKismiyati, Dr. Ir. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 18 Jan 2012 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 09:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26415
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item