PENGARUH KONSENTRASI hCG TERHADAP JUMLAH DAN RASIO SEX ANAKAN Daphnia.

AZIFAH RUPITA ANGGRAINI, 060610160 p (2012) PENGARUH KONSENTRASI hCG TERHADAP JUMLAH DAN RASIO SEX ANAKAN Daphnia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak PENGARUH KONSENTRASI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-anggrainia-18431-pkbp34-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Daphnia (Crustacea) adalah organisme yang banyak digunakan sebagai hewan coba dalam uji ekotoksikologi. Kashian and Dodson (2004) juga telah menguji coba Daphnia magna sebagai organisme uji hormon vertebrata. Salah satu hormon penting yang mengalami perubahan pada saat kehamilan adalah human Chorionic Gonadotropin (hCG) yang terdeteksi pada plasma darah dan urin. Produksi hCG yang semakin meningkat sebagai deteksi adanya janin perempuan pada rahim ibu hamil. Hormon yang berperan dalam diferensiasi jenis kelamin Daphnia adalah ecdysone dan methyl farnesoate. Konsentrasi ecydysone yang tinggi, menginduksi produksi methyl farnesoate yang berfungsi menghasilkan anakan jantan. Semakin tinggi konsentrasi hCG, semakin mempercepat ecdysone menginduksi methyl farnesoate untuk menghasilkan anakan jantan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan hCG dengan peningkatan jumlah anakan dan rasio sex anakan Daphnia. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus sampai 16 Oktober 2010 di Laboratorium Pendidikan Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 3 ulangan. Konsentrasi hCG pada penelitian ini berkisar antara 0 mIU/ml hingga 288.000 mIU/ml yang dibagi dalam 6 perlakuan yaitu: perlakuan A: 0 mIU/ml (kontrol), perlakuan B: 25.700 mIU/ml, perlakuan C: 91.280 mIU/ml, perlakuan D: 156.860 mIU/ml, perlakuan E: 222.440 mIU/ml dan perlakuan F: 288.000 mIU/ml. Data penghitungan jumlah anakan dan rasio sex anakan Daphnia dianalisa menggunakan Analisis Varian (ANOVA) untuk 33 mengetahui pengaruh dari semua perlakuan. Apabila terdapat perbedaan maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan dengan derajat kepercayaan 5%, untuk mengetahui perbedaan diantara perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan pemaparan hormon vertebrata hCG terhadap Daphnia memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap peningkatan jumlah anakan Daphnia. Peningkatan jumlah anakan dipengaruhi oleh konsentrasi ecdysone yang tinggi akibat pemaparan hCG. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan pemaparan hormon vertebrata hCG tidak mempengaruhi pembentukan jenis kelamin anakan Daphnia. Analisis data persentase anakan jantan Daphnia menunjukkan perbedaan tidak nyata antara setiap perlakuan. Hal ini dikarenakan peningkatan konsentrasi hCG tidak dapat menginduksi ecdysone untuk menghasilkan methyl farnesoate dalam pembentukan anakan jantan. Pengukuran suhu air selama penelitian berkisar antara 29-30oC, pH 8, dan ammonia (NH3) 0,03 mg/l. Data kualitas air ini berada dalam kondisi optimal untuk mendukung pertumbuhan Daphnia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 34/11 Ang p
Uncontrolled Keywords: Daphnia
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
AZIFAH RUPITA ANGGRAINI, 060610160 pUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorA. Shofy Mubarak, S.Pi., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 18 Jan 2012 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 05:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26417
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item