Perkembangan Organ Dan Tingkat Kelulushidupan Larva Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Pada Media Penetasan Salinitas Yang Berbeda.

LAILATUL LUTFIYAH, 060510249p (2012) Perkembangan Organ Dan Tingkat Kelulushidupan Larva Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Pada Media Penetasan Salinitas Yang Berbeda. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2011-lailatullu-21647-pkbp48-k.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
26432.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila merupakan jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi selain itu ikan nila merupakan ikan air tawar yang termasuk golongan ikan eurihalin, yaitu ikan yang mempunyai kisaran toleransi yang luas terhadap salinitas (eurihalin tawar hidup pada salinitas > 8 ppt). Pembenihan ikan nila sejauh ini masih berada di perairan tawar, sehingga saat petambak membudidayakan benih pada salinitas yang tinggi sering mengalami kematian karena adanya perubahan salinitas secara mendadak. Metode alternatif yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kematian benih ikan nila yang akan dibudidayakan di salinitas tinggi adalah dengan cara melakukan kegiatan pembenihan pada salinitas yang diinginkan. Kegiatan pembenihan dimulai dari penetasan telur menjadi larva. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media penetasan salinitas yang berbeda terhadap perkembangan organ dan tingkat kelulushidupan larva ikan nila. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan salinitas yaitu kontrol 0 ppt (kontrol), 5 ppt, 10 ppt, 15 ppt, 20 ppt. Masing-masing perlakuan terdiri dari empat ulangan dengan waktu pengamatan setiap hari. Parameter utama yang diamati adalah perkembangan organ larva dan tingkat kelulushidupan larva. Parameter penunjang meliputi Perhitungan telur yang terfertilisasi, daya tetas telur, larva deformity dan kualitas air. Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media penetasan pada salinitas yang berbeda memberikan pengaruh pada perkembangan organ dan tingkat kelulushidupan larva ikan nila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 48 11 Lut p
Uncontrolled Keywords: Oreochromis niloticus
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
LAILATUL LUTFIYAH, 060510249pUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLaksmi Sulmartiwi,, S.Pi, MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 19 Jan 2012 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26432
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item