INDUKSI KEMATANGAN GONAD INDUK JANTAN KERANG ABALONE (Haliotis asinina) DENGAN METODE LASERPUNKTUR

APRILIA PUTRI ASTUTIE, 060610083 p (2011) INDUKSI KEMATANGAN GONAD INDUK JANTAN KERANG ABALONE (Haliotis asinina) DENGAN METODE LASERPUNKTUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-astutieapr-22316-pkbp67-k.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
gdlhub-gdl-s1-2012-astutieapr-18483-pkbp67-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Abalone merupakan salah satu jenis kerang yang telah menjadi komoditi perikanan dunia yang saat ini sedang mengalami peningkatan permintaan terutama dari pasar intenasional. Sebagai salah satu langkah awal dari suatu rangkaian proses budidaya diperlukan manajemen pemeliharaan induk yang baik, untuk mendapatkan induk dengan tingkat kematangan gonad yang maksimal yaitu dengan induksi menggunakan laserpunktur. Teknologi tepat guna laserpunktur telah terbukti dapat mempercepat proses pertumbuhan, peningkatan pematangan gonad dan mempercepat pemijahan serta memperpendek siklus reproduksi beberapa spesies. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh laserpunktur yang ditembakkan pada organ gonad terhadap kematangan gonad induk jantan kerang abalone dan mengetahui energi laserpunktur yang terbaik dalam mempengaruhi kematangan gonad induk jantan kerang abalone. Perlakuan yang digunakan adalah penyinaran laserpunktur pada organ gonad induk jantan kerang abalone dengan energi 0 Joule (kontrol); 0,5 Joule selama 50 sekon; 1 Joule selama 100 sekon; 1,5 Joule selama 150 sekon dan 2 Joule selama 200 sekon. Masing-masing perlakuan diulang empat kali. Hasil dari penelitian ini adalah penyinaran laserpunktur yang ditembakkan pada bagian organ gonad berpengaruh terhadap perkembangan kematangan gonad induk jantan kerang abalone. Energi laserpunktur yang terbaik dalam mempengaruhi kematangan gonad induk jantan kerang abalone adalah 1,5 Joule selama 150 sekon. Hasil pengamatan histologi gonad induk jantan H. asinina menunjukkan berbagai tingkat perkembangan gonad dengan ditandai dengan proses gametogenesis yang merupakan suatu siklus reproduksi individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 67/11 Ast i
Uncontrolled Keywords: gonads
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsEmail
APRILIA PUTRI ASTUTIE, 060610083 pUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSudarno, Ir., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 24 Jan 2012 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 11:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26450
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item