PENGARUH PENYULUHAN BAHAYA NARKOBA MELALUI MEDIA PERTUNJUKAN TEATER BONEKA TERHADAP PENGETAHUAN NARKOBA PADA SISWA KELAS 3 SD

Listyati Setyo Palupi, 110110451 (2005) PENGARUH PENYULUHAN BAHAYA NARKOBA MELALUI MEDIA PERTUNJUKAN TEATER BONEKA TERHADAP PENGETAHUAN NARKOBA PADA SISWA KELAS 3 SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-palupilist-1304-psi250-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
26466.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penyuluhan bahaya narkoba melalui media pertunjukan teater boneka terhadap peningkatan pengetahuan narkoba pada siswa kelas 3 SD. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD yang bersekolah di sekolah dasar negeri yang terletak diwilayah kelurahan Gubeng yaitu SDN Gubeng II dan SDN Gubeng IV. Karakteristik populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD yang berusia 8-10 tahun, dan memiliki tingkat intelegensi rata-rata atas, rata-rata, dan rata-rata bawah. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, sedangkan metode statistik yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan uji U-Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertunjukan teater boneka memiliki pengaruh terhadap tingkat pengetahuan narkoba pada siswa kelas 3 SD yang terbukti dari nilai U hitung, yaitu sebesar 60, yang lebih besar dari nilai U tabel, yaitu 88, dan nilai taraf signifikansi yang lebih kecil dari 0.05 yaitu sebesar 0,001. Nilai U tersebut diperoleh dari hasil uji U nilai gain score atau nilai perubahan kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen sesudah diberi perlakuan. Pengaruh pertunjukan teater boneka terhadap tingkat pengetahuan narkoba pada siswa kelas 3 SD juga terlihat dari perbedaan mean rank. Kelompok eksperimen memiliki mean rank yang lebih besar, yaitu sebesar 26,47, daripada kelompok kontrol, yaitu sebesar 22,14. perbedaan mean rank menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan tingkat pengetahuan narkoba yang lebih besar dari kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.25/06 Pal p
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA AND CHILDREN; CHILDREN OF NARCOTIC ADDICTS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Listyati Setyo Palupi, 110110451UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery Yoenanto, S.Psi.,M.PdUNSPECIFIED
Thesis advisorWoelan Handadari, Dra.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 07 Jun 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26466
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item