STUDI EKSPLORASI BRAND IMAGE PRODUK DISTRO PADA KONSUMEN TIPS SAHABAT MEREK DENGAN MENGGUNAKAN REPERTORY GRIDS

Muhammad Fahmi Fauzi, 110010425 (2005) STUDI EKSPLORASI BRAND IMAGE PRODUK DISTRO PADA KONSUMEN TIPS SAHABAT MEREK DENGAN MENGGUNAKAN REPERTORY GRIDS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-fauzimuham-1310-psi080-k.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
26472.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mengenai brand image produk distro bagi para konsumen dengan tipe sahabat merek. Brand image dapat diartikan sebagai serangkaian asosiasi yang berhubungan dengan merek yang disimpan dalam memori para konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian eksploratif yang bertujuan untuk mengungkap brand image produk distro bagi para konsumen dengan tipe sahabat merek. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik gabungan atau kombinasi antara metode purpossive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Repertory Grids yang dibuat berdasarkan Easy Guide to Repertory Grids dari Devi Jankowics yang diadaptasi dari Role Construe! Repertory Test standar dari George Kelly. Repertory Grids merupakan salah satu teknik kualitatif dalam menginvestigasi konstruksi pengetahuan, seringkali disamakan dengan wawancara terstruktur, tetapi Repertory Grids mempunyai kelebihan efisiensi waktu yang dibutuhkan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (content analisy.$). Langkah utama pada analisis isi adalah melakukan kategorisasi. Kategori adalah salah satu tumpukan dari seperangkat tumpukan yang disusun atas dasar pikiran, intuisi, pendapat, atau kriteria tertentu (Moleong, 2002:193). Teknik pemeriksaan kredibilitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi peneliti atau penyidik dan triangulasi dengan teori. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa brand image produk distro memiliki tiga kategori image utama yang didalamnya terdapat sub-kategori image pembentuk yang antara lain adalah (I) kategori indie label dengan sub-kategori desain khas distro, produk eksklusif, original, harga terjangkau dan do it your self (2) Kategori media ekspresi diri dengan sub-kategorinya adalah media jatidiri, meningkatkan self esteem dan gengsi merek. (3) kategori memberikan manfaat fungsional yang memiliki 2 sub kategori yaitu kualitas bagus dan pilihan produk dan desain variatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.08/06 Fau s
Uncontrolled Keywords: TRADE MARKS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Fahmi Fauzi, 110010425UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorC.D. Ino Yuwono, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 07 Jun 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item