HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP AGRESIFITAS MASSA DENGAN TINGKAT KOMITMEN ORGANISASI Pada Personel Pemadam Kebakaran Suku Dinas Kebakaran Kotamadya Jakarta Timur

LALU RULANDIA AKHMAD MARDHATILLAH, 110010383 (2005) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP AGRESIFITAS MASSA DENGAN TINGKAT KOMITMEN ORGANISASI Pada Personel Pemadam Kebakaran Suku Dinas Kebakaran Kotamadya Jakarta Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-mardhatill-1327-psi190-k.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26481.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat komitmen organisasi pada pegawai adalah karakteristik pekerjaan. Taraf kesulitan pekerjaan merupakan bagian dari karakteristik pekerjaan dimaksud. Dalam beberapa tahun terakhir, Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dihadapkan pada sejumlah permasalahan yaitu keterbatasan jumlah dan kualitas personel, indikasi tingkat komitmen yang rendah, serta tindakan agresif oleh massa di lokasi kebakaran terhadap personel yang sedang menjalankan tugas memadamkan api dan menyelamatkan korban bencana kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap agresifitas massa dan tingkat komitmen organisasi pada personel pemadam kebakaran. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas 1 variabel bebas (X), yaitu persepsi terhadap agresifitas massa, dan satu variabel terikat (Y) yaitu tingkat komitmen organisasi. Penelitian ini termasuk penelitian penjelasan (explanatory research) dengan metode korelasional. Penelitian dilakukan terhadap personel pemadam kebakaran pada Suku Dinas Kebakaran Kotamadya Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simpel random sampling per kelompok operasional kebakaran (A,B,C). Sampel diambil dari populasi dengan karakteristik berdinas aktif sebagai personel lapangan, berstatus pegawai negeri sipil (PNS) atau pegawai tidak tetap (PTT), pengalaman kerja di Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta minimal 1 tahun. Jumlah sampel adalah 220 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Berdasarkan uji reliabilitas instrumen dengan taraf signifikansi 0,05 dan menggunakan teknik analisis Alpha Cronbach kedua kuesioner (X dan Y) masingmasing memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,9218 dan 0,9447. Teknis analisis data menggunakan analisis product moment, dimana diperoleh nilai korelasi sebesar +0,284 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Hal ini berarti terdapat hubungan yang tergolong rendah antara persepsi terhadap agresifitas massa dan tingkat komitmen organisasi pada personel pemadam kebakaran Suku Dinas Kebakaran Kotamadya Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 19/06
Uncontrolled Keywords: AGGRESSIVENES; FIRE EXTINGUISHER
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF173-175 Psychoanalysis
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
LALU RULANDIA AKHMAD MARDHATILLAH, 110010383UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFajrianthi, Dra.Psi.,M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 21 Jun 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26481
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item