STUDI DESKRIPTIF NILAI - NILAI PRIBADI KONSUMEN DUGEM

R. MUHAMMAD DEDDYHANIF, 110010367 (2005) STUDI DESKRIPTIF NILAI - NILAI PRIBADI KONSUMEN DUGEM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-hanifrmuha-1339-psi180-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26484.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dugem merupakan kependekan kata dari dunia gemerlap. Dugem merupakan suatu istilah yang sedang popular untuk menggambarkan aktivitas bersenang-senang pada malam hari di suatu tempat hiburan malam. Aktivitas dugem sesungguhnya merupakan suatu proses konsumsi barang dan jasa yang dilakukan oleh konsumen. Barang-barang yang dikonsumsi dalam aktivitas dugem berupa makanan dan minuman, sedangkan jasa yang dikonsumsi biasanya terdiri dari pertunjukkan musik band, DJ (Disc Jockey) dan tarian modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pribadi yang melatarbelakangi konsumen melakukan aktivitas dugem. Penelitian ini lebih difokuskan pada nilai-nilai motivasional dan nilai-nilai dasar konsumen yang melakukan aktivitas dugem di kafe/pub yang berlokasi di Surabaya. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian lapangan (field research). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap konsumen dugem dan informan dugem, yang selanjutnya akan disebut sebagai Members. Observasi dilakukan pada saat melakukan wawancara dengan Members atau pada saat Members melakukan aktivitas dugem. Proses pencarian Members menggunakan metode purposive sampling dan snowball sampling. Members yang bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 6 orang dengan rentang usia antara 20-27 tahun. Peningkatan kualitas penelitian dilakukan dengan authenticity yang meliputi ecological validity, natural history, member validation dan competent insider performance sedangkan reliabilitas dicapai dengan cara mendokumentasikan hasil wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisa dengan menggunakan teknik analisis tematik dengan berdasarkan pada teori nilai Schwartz.Penelitian ini mengungkap 5 konstruk nilai motivasioanal beserta nilai-nilai dasar yang dominan pada konsumen dugem. Lima konstruk nilai motivasional beserta nilai-nilai dasar tersebut adalah konstruk nilai motivasional Power dengan nilai dasar social recognition (respect, approval by others), konstruk nilai motivasional Hedonism dengan nilai-nilai dasar pleasure (gratification of desires) dan enjoying life (enjoying food, sex, leisure, etc.), konstruk nilai motivasional Benevolence dengan nilai dasar loyal (faithful to my friends, group), konstruk nilai motivasional Stimulation dengan nilai-nilai dasar an exciting We (stimulating experiences) serta konstruk nilai motivasional Security dengan nilai-nilai dasar sense of belonging (feeling that others care about me) dan clean (neat, tidy).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 18/06 Han s
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; NIGHTCLUBS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
R. MUHAMMAD DEDDYHANIF, 110010367UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFendy Suhariadi, Dr.Drs.,MTUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 23 Jun 2006 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 22:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26484
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item