HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS MEREK KARTU PRABAYAR XL PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

LIA HADIYATUL FAIZA, 110210021 (2007) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN LOYALITAS MEREK KARTU PRABAYAR XL PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2007-faizaliaha-4770-psi210-k.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26504.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu hubungan antara citra merek dengan loyalitas merek kartu prabayar XL pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kebutuhan baru yang muncul seiring dengan perkembangan aktivitas manusia yang menuntut serba praktis, cepat, dan instant. Kebutuhan tersebut salah satunya adalah kebutuhan komunikasi berbasis teknologi. Kelahiran pertama perusahaan jasa yang bergerak di bidang layanan seluler ini diikuti dengan tumbuhnya beberapa perusahaan sejenis. Akibatnya, terjadi persaingan diantara perusahaan¬-perusahaan tersebut untuk menjadi yang terdepan. Perusahaan layanan seluler melalui merek yang dihasilkan di pasaran, menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Kondisi persaingan yang ketat ini menuntut perusahaan untuk menjaring serta mempertahankan konsumen yang loyal agar perusahaan tetap bertahan di tengah persaingan. Salah satu teori menyebutkan bahwa salah satu faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas merek pada konsumen adalah citra merek. Namun, yang saat ini terjadi meski sebuah merek telah memiliki citra yang baik, namun banyak konsumen yang bergantung dari satu kartu merek kartu prabayar ke merek kartu prabayar yang lain. Dari sinilah penelitian ini dirasa perlu untuk dilakukan untuk mengetahui lebih dalam hubungan antara citra merek dengan loyalitas merek terutama di kalangan pengguna kartu prabayar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga angkatan 2003, 2004, 2005, dan 2006. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 110 orang dengan sampel sebanyak 90 orang. Menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji validitas, terdapat 29 aitem yang valid dari 32 aitem kuesioner tingkat loyalitas merek dan 27 aitem valid dari 30 aitem kuesioner citra merek yang diberikan kepada subyek. Nilai koefisien reliabilitas dari kedua kuesioner tersebut adalah p<0,05 sehingga kuesioner tersebut dapat dinyatakan andal. Teknik analisis data menggunakan Korelasi tata jenjang Spearman dengan menggunakan SPSS 11.5 for windows karena data tidak berdistribusi normal. Dari hasil analisis menunjukkan terdapat korelasi antara citra merek dengan tingkat loyalitas merek. Dengan demikian hipotesa penelitian yang menyatakan terdapat hubungan antara citra merek dengan tingkat loyalitas merek kartu prabayar XL pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 21/07 Fai h
Uncontrolled Keywords: BRAND NAME PRODUCTS; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LIA HADIYATUL FAIZA, 110210021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Setiawan, M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 14 Jun 2007 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26504
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item