HUBUNGAN PERAN GENDER DENGAN ORIENTASI KARIER PADA WANITA DALAM BUDAYA PATRIARKI YANG BEKERJA DI PT. ASTRINDO SURYA SURABAYA

LYDIA SULISTYOWATI, 119910346 (2007) HUBUNGAN PERAN GENDER DENGAN ORIENTASI KARIER PADA WANITA DALAM BUDAYA PATRIARKI YANG BEKERJA DI PT. ASTRINDO SURYA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2007-sulistyowa-5300-psi500-k.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26506.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara peran gender dengan orientasi karier pada wanita dalam budaya patriarki.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai wanita PT. Astrindo Surya Surabaya yang dibesarkan dalam budaya patriarki. Pengambilan sample dilakukan secara random sampling dengan menggunakan undian. Subyek penelitian sebanyak 30 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Untuk mengukur peran gender digunakan indikator dari skala peran gender Spence dan untuk mengukur orientasi karier digunakan indikator dari model orientasi karier Den 1986). Pengukuran validitas, reliabilitas, dan korelasi product moment pearson dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 12.00. berdasarkan hasil pengukuran validitas dan reliabilitas, didapatkan bahwa alat ukur kuesioner untuk kedua variabel dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan hasil analisis data dalam penelitian ini, menunjukkan terdapat hubungan antara peran gender dengan orientasi karier pada wanita yang bekerja di PT Astrindo Surya. Hasil uji korelasi menyatakan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara kedua variabel. Tingginya penerimaan peran gender menyebabkan rendahnya orientasi karier pada karyawan wanita yang bekerja di PT Astrindo Surya. Penelitian ini jugs memberikan gambaran tipologi orientasi karier pegawai wanita PT Astrindo Surya. Mayoritas pegawai wanita PT Astrindo Surya memiliki orientasi karier getting secure. Peneliti menyarankan untuk penelitian lebih lanjut dengan jumlah subyek yang lebih besar dan lebih beragam sehingga hasil penelitian bisa lebih terjamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 50/07 Sul h
Uncontrolled Keywords: WOMEN EMPLOYEES; PROFESSION GENDER
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
LYDIA SULISTYOWATI, 119910346UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryanto, Dr.,MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 27 Sep 2007 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26506
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item