PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PEMBELAJARAN YANG KONSTRUKTIVIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII SLIP Kristen Cita Hati Surabaya)

VONNY ARYANI, 110010359 (2007) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP PEMBELAJARAN YANG KONSTRUKTIVIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII SLIP Kristen Cita Hati Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2007-aryanivonn-5309-psi590-k.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26507-ilovepdf-compressed.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan hendaknya membantu pelajar memperoleh keterampilan berpikir umum, yang berdasar pada perolehan struktur pengetahuan serta penggunaan bahasa dan logika ilmu, lebih dari penguasaan informasi khusus. Perubahan sosiakultural membawa sekolah sebagai satu-satunya penanggung jawab perihal mendidik. Hal ini menantang sekolah mewujudkan suatu proses pembelajaran yang konstruktivis. Pembelajaran yang konstruktivis dapat dicapai melalui belajar dalam kelompok. Hal ini juga selaras dengan perkembangan remaja. Keresahan yang muncul dalam penggunaan kelompok belajar dapat diatasi melalui kelompok belajar yang memiliki struktur tertentu. Dalam hal ini, metode pembelajaran yang tepat adalah cooperative learning. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah dengan metode cooperative learning pembelajaran menjadi lebih konstruktivis dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIII SLTP Kristen Cita Hati Surabaya pada bidang studi matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Variabel penelitian ini adalah metode pembelajaran cooperative learning dan metode pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas (X) dan tingkat pembelajaran konstruktivis sebagai variabel tergantung (Y). Design penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design dengan menggunakan Skala Pembelajaran Konstuktivis sebagai pretes dan postes kelompok eksperimen dan kontrol. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SLTP Kristen Cita Hati Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelompok eksperimen akan mendapat pembelajaran cooperative learning, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat pembelajaran yang konstruktivis antara siswa kelas VIII SLTP Kristen Cita Hati Surabaya yang menerima metode cooperative learning dibandingkan dengan siswa yang menerima metode konvensional. Dikatakan demikian karena dalam penelitian ini karena tidak ada perbedaan tingkat pembelajaran yang konstruktivis yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai uji Man-Whitney = 0, 322 untuk perbandingan nilai skor postes subyek kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hasil observasi dan wawancara sebagai data pendukung juga tidak menunjukkan secara signifikan terjadinya pembelajaran konstruktivis. Hal ini disebabkan metode pembelajaran cooperative learning yang terjadi di lapangan kurang memenuhi elemen-elemen cooperative learning karena keterampilan kooperatif dan manajemen kelas yang kurang terkontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 59/07 Ary p
Uncontrolled Keywords: GROUP WORK IN EDUCATION; CONSTRUCTIVE MATHEMATICS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
VONNY ARYANI, 110010359UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNono Hery Yoenanto, S.Psi.,M.PdUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 27 Sep 2007 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 17:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item