PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PELANGGAN PADANG GOLF PANGKALAN JATI (PGPJ)

NOVANDIANTO, 110210563 (2007) PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PELANGGAN PADANG GOLF PANGKALAN JATI (PGPJ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2008-novandiant-7357-psi108-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26514.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atribut produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan Padang Golf Pangkalan Jati (PGPJ). Loyalitas pelanggan lebih banyak dikaitkan pada aspek perilaku dibandingkan dengan sikap. Pelanggan yang loyal akan mengindikasikan perilaku pembelian yang tidak acak dan menunjukkan hubungan dengan durasi waktu tertentu, selain itu pelanggan yang loyal ditandai dengan pembelian yang tidak kurang dari dua kali. Atribut produk merupakan segala sesuatu yang melekat pada produk yang dapat dinilai dan dievaluasi oleh pelanggan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi mereka untuk melakukan sebuah keputusan pembelian, sedangkan kualitas layanan merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketetapan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan. Atribut produk yang baik akan membutuhkan sebuah kualitas layanan yang prima dalam upaya penyampaiannya, sehingga pelanggan mengetahui keberadaan atribut produk tersebut dan keputusan pembelian pun terjadi. Sehingga loyalitas pelanggan dapat terus ditumbuhkan dari keputusan pembelian pertama ini. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan Padang Golf Pangkalan Jati (PGPJ). Pengambilan sampel menggunakan metode nonrandom sampling dengan teknik accidental sampling untuk mengambil sampel sejumlah 45 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama untuk mengukur loyalitas pelanggan, bagian kedua untuk mengukur atribut produk, dan bagian ketiga untuk mengukur kualitas layanan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik parametrik dengan uji signifikansi analisis regresi berganda dan menghasilkan sebuah persamaan garis regresi Y = 2,82 + 0,04 X, + 0,64 X2. Terlihat dari persamaan tersebut bahwa masing-masing koefisien pada persamaan memiliki tanda positif, artinya kenaikan nilai pada variabel atribut produk dan kualitas layanan akan diikuti dengan kenaikan nilai pada variabel loyalitas pelanggan, begitu pula jika terjadi hal yang sebaliknya. Selain itu jugs didapatkan nilai korelasi R = 0,792 dan Freg = 35,27 pada signifikansi p = 0,000. Sehingga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan dari atribut produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Selanjutnya berdasarkan basil dari koefisien determinasi didapat nilai R square = 0,627. lni memiliki arti bahwa 62,7% variasi loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel atribut produk dan kualitas layanan sedangkan sisanya sebesar 37,3% dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Hal-hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis alternatif yang berbunyi "Ada pengaruh yang signifikan dari atribut produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan" diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 108/07 Nov p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; SOCIAL PSYCHOLOGY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
NOVANDIANTO, 110210563UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFendy Suhariadi, Dr.,MTUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 09 Jul 2008 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 22:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26514
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item