PENYESUAIAN SUAMI TERHADAP DOMINASI ISTRI DALAM KELUARGA

INDRI KUSUMA WARDHANI, 110310709 (2007) PENYESUAIAN SUAMI TERHADAP DOMINASI ISTRI DALAM KELUARGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wardhaniin-7553-psi120-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26516 NN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses penyesuaian diri pada suami dari keluarga yang berpola kekuasaan wife-dominant dalam menghadapi tuntutan-tuntutan dari lingkungannya. Penyesuaian diri suami dalam penelitian ini diartikan sebagai proses berkelanjutan dari usaha suami mempertahankan keseimbangan internalnya sementara ia menyelaraskan diri ke dalam lingkungan keluarga yang didominasi oleh istri, dengan resiko yang minimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus intrinsik. Penelitian ini difokuskan pada eksplorasi mekanisme respon-respon kontrol langsung (DCR) dan respon-respon tindakan langsung (DAR) yang subyek lakukan dalam proses penyesuaiannya. Penelitian ini mengikutsertakan 2 subjek penelitian. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner, dengan begitu dapat diperoleh calon subyek yang memiliki persepsi bahwa tingkat dominasi istrinya dalam keluarga tinggi. Seluruh proses pelaksanaan penelitian dilakukan di Kota Surabaya. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap basil transkrip wawancara yang telah diverbatim. Analisis dilakukan melalui tiga tahap, yaitu open coding, axial coding dan selective coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyesuaian diri suami dari pasangan wife-dominant adalah basil dari interaksi antara faktor penentu penyesuaian diri, gaya kepribadian individu, serta stressor lingkungan yang dihadapi. Faktor penentu penyesuaian diri adalah faktor-faktor yang menentukan tahap atau keadaan, pengaruh, maupun mempunyai efek yang tetap pada proses penyesuaian. Lalu gaya kepribadian adalah ciri-ciri/sifat, minat-minat, kecenderungan hati/keinginan-keinginan, dan prasangka-prasangka yang dimiliki oleh individu. Sedangkan stressor adalah sumber tuntutan dari lingkungan yang menyebabkan reaksi distress bagi individu pada akhirnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin efektif subyek memanfaatkan sumber-sumber yang ia miliki. maka semakin menguntungkan baginya untuk meredakan reaksi distress yang is rasakan. Begitu pula dengan kemampuannya mencapai reaksi DAR, semakin baik kemampuan suami maka semakin kecil resiko yang harus ia tanggung dalam proses penyesuaiannya. Dengan begitu semakin dekat ia dengan penyesuaian diri yang nornal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 120/07 War p
Uncontrolled Keywords: RAPE IN MARRIAGE; ADAPTATION (PSYCHOLOGY)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
INDRI KUSUMA WARDHANI, 110310709UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWiwin Hendriani, S.Psi. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Aug 2008 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26516
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item