HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN CONDUCT DISORDER PADA REMAJA

ROHSANTI, YULIANI TRI, NIM. 110110448 (2007) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECENDERUNGAN CONDUCT DISORDER PADA REMAJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-rohsantiyu-4798-psi310-k.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26556.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik mengenai hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan Conduct Disorder pada remaja serta untuk mengetahui seberapa besar sumbangan kecerdasan emosional terhadap kecenderungan Conduct Disorder pada remaja. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa STM Siang Surabaya kelas II dengan populasi sebanyak 137 orang siswa. Jumlah subyek penelitian ini adalah 62 siswa dengan menggunakan metode uji coba terpakai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian korelasional. Metode pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala Likert dalam bentuk kuesioner dengan empat pilihan jawaban. Peneliti menggunakan dua skala, yaitu skala kecerdasan emosional dan skala kecenderungan Conduct Disorder. Cara pemilihan sampel dilakukan secara non random dengan pendekatan purposive sampling. Berdasarkan uji validitas dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 39 item yang sahih dan 41 item yang gugur pada skala kecerdasan emosional serta 49 item yang sahih dan 15 item yang gugur pada skala kecenderungan Conduct Disorder. Pada uji reliabilitas dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dihasilkan koefisien reliabilitas sebesar 0,842 untuk skala kecerdasan emosional serta 0,893 untuk skala kecenderungan Conduct Disorder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecenderungan Conduct Disorder dengan korelasi sebesar -0,589. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah kecenderungan melakukan Conduct Disorder pada remaja. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diketahui bahwa pengaruh variabel kecerdasan emosional terhadap kecenderungan Conduct Disorder adalah sebesar 34,7 % serta didapatkan persamaan garis regresi Y' = 189,974 – 0,857x.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 31/07 Roh h
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INTELLEGENCE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
ROHSANTI, YULIANI TRI, NIM. 110110448UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIlham Nur Alfian, S.Psi., M.Psi.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 15 Jun 2007 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26556
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item